7 Cara Melacak No HP yang Hilang Terbaru

Putar Suara (Play Sound), fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk membunyikan HP tertaut. Misal HP kesingsal alias lupa taruh di mana. Dengan mengaktifkan fitur ini, HP akan berbunyi cukup kencang meski perangkat dalam mode silent.

Amankan Perangkat (Lock), kalau takut HP dicuri dan data tidak aman kamu bisa pakai fitur ini. Perangkat akan terkunci secara total jadi tidak usah khawatir data-data yang ada di HP disalahgunakan.

Hapus Perangkat (Erase), kalau masih ragu dengan penguncian kamu bisa hapus semua data yang ada di HP. Dengan fitur ini, kamu bisa menghapus semua data yang ada di HP dari jarak jauh. Kalau pertimbangannya lebih baik menghapus data dari pada disalahgunakan orang lain, fitur ini pilihan yang tepat.

2. Cara Melacak No HP yang Hilang Lewat Google Maps

Google Maps
sumber: play.google.com

Kita semua sudah tahu, kalau Google Maps merupakan layanan navigasi dan peta dari Google. Hampir di semua perangkat Android, GMap jadi aplikasi default.

Bukan cuma buat lihat peta dan arah saja loh, Google Map bisa dimanfaatkan untuk Cara melacak no HP yang hilang loh. Kamu bisa mengetahui lokasi perangkat yang terhubung dengan suatu nomor HP. Caranya sangat mudah kok.

  1. Kalau kamu pakai smartphone, bisa buka aplikasinya
  2. Biasanya sih sudah terinstal secara default
  3. Tapi, kalau tidak ada kamu bisa langsung download melalui Playstore
  4. Selanjutnya, masuk ke menu “Option” atau “Opsi”
  5. Kemudian ke layanan “Friend List”
  6. Pastikan akun sudah terhubung dengan nomor HP terkait
  7. Pilih nomor HP yang ingin dilacak
  8. Pelacakan akan berjalan secara otomatis dan menunjukkan lokasinya kepada kamu

Selain digunakan sebagai cara melacak no HP yang hilang, Google Maps biasanya juga digunakan untuk mencari keberadaan seseorang. Seperti teman atau kerabat yang hilang atau hal semacamnya.

3. Cara Melacak No HP yang Hilang dengan Gmail

Gmail
sumber: play.google.com

Masih terkait dengan layanan Google, kamu bisa memanfaatkan layanan Gmail untuk melacak nomor HP yang hilang. Memang, setiap layanan Google terintegrasi sehingga memiliki fitur yang cukup lengkap.

Gmail juga menjadi hal yang wajib digunakan bagi pengguna Android. Untuk bisa menginstal aplikasi saja, kamu harus log in Gmail di HP. Jadi akan lebih mudah untuk cara melawak nomor HP yang hilang melalui HP Android.

  1. Pastikan perangkat yang terpasang nomor HP target sudah terkait dengan akun Gmail
  2. Buka layanan Gmail dari browser, di mail.google.com
  3. Kemudian log in dengan email tersebut
  4. Setelah berhasil log in, klik menu yang ada di pojok kanan atas layar
  5. Lanjut ke menu “Akun Google”
  6. Kemudian buka “Aktivitas Saya”
  7. Klik menu dengan logo 3 garis di pojok kiri
  8. Pilih “Kontrol Aktivitas”
  9. Selanjutnya kik menu “Kelola Aktivitas”
  10. Google akan menampilkan aktivitas terbaru dari perangkat, termasuk posisinya
  11. Untuk mengetahui lebih detail, klik “Penelusuran Maps”
  12. Tekan logo titik 3 di pojok kanan atas
  13. Lihat detail aktivitas

Sebenarnya untuk cara melacak no HP yang hilang ini menggunakan layanan Google seperti tutorial sebelumnya, yakni Google Maps. Hanya saja memang fitur pelacakan diakses melalui Gmail, bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin melacak nomor HP.

4. Cara Melacak No HP yang Hilang dengan Mi Account

Mi Account
sumber: play.google.com

Untuk produk smartphone Android beberapa brand, sudah dilengkapi dengan fitur untuk pelacakan nomor HP. Seperti salah satunya Xiaomi yang produk-produknya sudah tersedia berbagai fitur yang bisa digunakan hanya dengan Mi Account.

Meski bisa pakai layanan Google juga, tapi HP Android Xiaomi menawarkan alternatif beberapa layanan serupa termasuk untuk melacak nomor HP. Nah, untuk cara melacak no HP yang hilang di HP Xiaomi sangat mudah kok. Kamu hanya perlu memiliki Mi Account.

  1. Sebelum bisa melakukan pelacakan, kamu harus melakukan langkah berikut ini
  2. Kalau belum punya, silahkan registrasi atau buat Akun Mi
  3. Cukup dengan nomor HP dan Email saja kok
  4. Kalau sudah buat atau punya sebelumnya, langsung log in saja di perangkat
  5. Caranya mudah, tinggal masuk ke menu “Pengaturan” kemudian “Akun”
  6. Kalau sudah, tinggal aktifkan fitur “Find Device” alias “Temukan Perangkat”
  7. Untuk melacak nomor HP yang hilang, kamu bisa akses situs i.mi.com
  8. Di sini, kamu log in lagi dengan akun Mi yang terkait dengan perangkat
  9. Setelah masuk, cari dan pilih menu “Find Device”
  10. Di sini kamu bisa memilih perangkat jika akun terkait di lebih dari 1 perangkat
  11. Setelah itu, kamu bisa langsung melacak lokasinya

Sama seperti fitur milik Google, di layanan yang ditawarkan Xiaomi ini kamu bisa menggunakan 3 fitur untuk HP yang hilang. Di antaranya:

Noise Mode, Fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat perangkat berbunyi. Mungkin HP kamu terselip di tempat-tempat sekitar kamu? Fitur ini akan membantu kamu untuk menemukannya.

Lost Mode, Kalau kamu yakin HP hilang karena dicuri atau takut ditemukan orang tidak bertanggung jawab bisa pakai fitur ini. Perangkat akan dikunci sehingga orang tersebut tidak bisa mengakses data kamu sama sekali.

Wipe Device, Kalau kamu masih khawatir tentnang keamanan data HP saat hilang, bisa langsung menghapus semuanya dengan fitur satu ini.

5. Cara Melacak No HP yang Hilang dengan iPhone melalui iCloud

iCloud
sumber: play.google.com

Layanan yang hadir dibeberapa perangkat Android seperti Xiaomi, sebenarnya terinspirasi dari perangkat smartphone milik Apple, iPhone. HP yang bisa dibilang mewah ini memang memiliki berbagai fitur canggih.

iCloud salah satu fitur andalan iPhone yang meliputi berbagai aspek mulai dari penyimpanan hingga keamanan HP. Ketika iPhone kamu hilang, kamu bisa melacak posisinya bahkan jika perangkat dalam kondisi mati sekalipun.

Untuk cara melacak no HP yang hilang di iPhone, 1 hal yang wajib kamu lakukan. Yakni memiliki akun iCloud, menautkannya (log in) ke perangkat dan mengaktifkan fiturnya. Kalau iPhone kamu hilang, bisa langsung lacak dengan cara berikut ini:

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓