5 Cara Kabur dari Pinjaman Online Legal

Apapun yang terjadi, jangan jadikan “Gali Lubang, Tutup Lubang” sebagai solusi. Meskipun didesak DC Pinjol, abaikan saja. Tetap fokus untuk menyelesaikan hutang yang ada.

2. Buat Rincian Hutang

Jika terlanjut terlilit hutang di beberapa aplikasi Pinjol. Buat rincian hutang yang harus dibayar. Catat nominal dan juga waktu jatuh tempo. Supaya kamu bisa lebih mudah memilih mana yang perlu diprioritaskan.

Akan lebih baik untuk memprioritaskan hutang dengan nominal yang kecil atau sesuai dengan kesanggupan. Karena dengan begitu, kamu juga lebih mudah untuk menyelesaikannya.

3. Respon DC

Ketika pihak DC menagih melalui telepon atau chat, beri respon. Hal ini untuk menghindari DC menghubungi pihak lain yang tercantung dalam kontak darurat.

Akan lebih susah kalau sampai DC menagih lewat orang lain, bisa jadi pikiran.

Jawab dengan baik dan santai, tunjukkan jika kamu memang benar-benar memiliki inisiatif untuk melunasinya meskipun belum mampu.

Mungkin akan ada oknum DC yang menggunakan kata-kata kurang pas sehingga membuat emosi atau bahkan jadi takut.

Bawa santai saja, tidak usah terlalu dipikirkan agar kamu bisa fokus untuk menyelesaikan hutang.

Kalaupun DC mengancam akan datang ke rumah, persilahkan. Jawab “Saya tunggu di rumah”. Ini bisa memudahkan kamu untuk melakukan negosiasi.

4. Nego dengan DC Lapangan

Jika memang ada pihak penagih (DC) lapangan yang mendatangi rumah kamu, ini kesempatan bagus untuk negosiasi. Proses negosiasi akan lebih baik dilakukan secara langsung, ketimbang melalui telepon atau chat.