5 Cara Hapus Cache di iPhone agar Memori Tidak Penuh

Cara Hapus Cache di iPhone memang solusi yang tepat untuk cara iPhone agar tidak lemot. Selain, ruang penyimpanan juga bisa lebih luas dengan menghapus cache. Apalagi, iPhone tidak memiliki slot untuk memori eksternal. Jadi ketika memori iPhone penuh, jalan satu-satunya adalah menghapus data yang ada.

Kamu user iPhone? iPhone kamu terasa lemot? Atau memori penyimpanan sudah penuh tapi tidak ada data yang bisa dihapus karena penting semua? Nih, coba cara menghapus cache di iPhone yang akan jagoangadget.com bagikan.

Apakah Perlu Cara Hapus Cache di iPhone?

Perangkat smartphone berbasis iOS ini memang dikenal lebih baik performanya dari kebanyakan HP Android. iPhone menggunakan sistem operasi yang lebih baik, sehingga bisa memproses data lebih cepat. Hal ini disebabkan karena berbagai data dibuat sekecil mungkin sehingga memprosesnya tidak butuh waktu lama.

Seperti pada perangkat teknologi lainnya, iPhone juga menggunakan cache untuk pemrosesan data yang lebih cepat. Akan tetapi, terlalu banyaknya cache yang tersimpat justru bisa membuat iPhone jadi lemot loh.

Apa itu Cache iPhone?

Cache adalah data aplikasi atau web pada sebuah perangkat smartphone maupun perangkat komputer lainnya yang disimpan sementara. Data ini berfungsi untuk mempermudah pengguna melakukan aktivitas yang sama pada aplikasi atau web tersebut.

Misalnya, ketika kamu membuka aplikasi Instagram perangkat akan mengunduh data sehingga gambar, video, dan konten lainnya bisa dilihat. Data ini akan tersimpan di perangkat sehingga ketika kamu membuka instagram lagi maka perangkat tidak perlu mengunduh ulang data yang sama.

Coba deh kamu buka profil Instagram, lalu matikan koneksi internet kamu dan tutup aplikasi. Ketika kamu buka profil IG lagi tanpa internet, maka beberapa konten tetap bisa dilihat. Beda lagi kalau kamu cek feed IG, tidak bisa terlihat memang data baru yang belum tersimpang sebagai cache.

Memang sangat berguna cache di iPhone. Tapi tahukah kamu bahwa terlalu banyak cache bisa membuat iPhone jadi lemot dan juga ruang penyimpanan iPhone jadi penuh.

Contoh penggunaan cache yang justru membuat aplikasi jadi lemot adalah pada aplikasi Shopee. Coba kalau kamu punya banyak barang di keranjang Shopee kamu, pasti jadi lemot. Hal ini menjadi penyebab kenapa Shopee lemot, karena manajemen aplikasi Shopee yang kurang baik mengatur cache.

Oleh karena itu, cache juga dianggap file “sampah” dan tidak sedikit pengguna yang mencari cara membersihkan sampah di iphone yang artinya cache cleaner iphone.

Cara hapus Cache di iPhone

Sebenarnya sangat mudah sih untuk cara clear cache di iPhone. Tapi cara yang kamu lakukan harus benar agar tidak menghapus data-data yang justru penting. Oleh karena itu kalau Sobat Gadget ingin mencari cara membersihkan cache yang benar di iPhone, berikut ini mimin berikan tutorialnya.

Cara Hapus Cache di iPhone

1. Menghapus Cache Aplikasi di iPhone

Seperti yang tadi, cache adalah data yang tersimpan pada perangkat termasuk di aplikasi. Kebanyakan, aplikasi yang menyimpan banyak cache di iPhone adalah aplikasi sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan sebagainya.

Nah, untuk membuat iPhone tidak lemot dan ruang penyimpanan lebih lega bisa dengan cara hapus cache di iPhone pada aplikasi.

Hapus Data Aplikasi di iPhone

Cara clear cache iPhone bisa melalui menu pengaturan. Setelah masuk menu setting alias pengaturan, kamu cari menu “General” lalu “iPhone Storage”. Di sini, kamu bisa memilih berbagai aplikasi dengan detail ruang penyimpanan yang digunakan. Pilih “Offload App” untuk mengeluarkan aplikasi.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓