Cara Download Lagu MP3 dari Youtube, TikTok, Spotify tanpa Aplikasi

 Cara Download Lagu MP3 di browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau bahkan platform lain seperti YouTube sebenarnya mudah banget loh, Sob. Kamu bisa melakukannya dari HP ataupun perangkat komputer (PC/Laptop).

Mengunduh alias download MP3 memang hal yang sering dilakukan pengguna, terutama penikmat musik. Dengan menggunakan cara download lagu MP3, file bisa tersimpan di HP atau perangkat pemutar audio yang bisa dimainkan kapanpun.

Tentu saja cara download lagu MP3 akan menjadi tutorial yang banyak dicari. Oleh karenanya, kali ini JagoanGadget.com akan membagikan informasi lengkap mengenai Download MP3. Simak sampai tuntas ya, Sob.

Cara Download Lagu MP3 tanpa Aplikasi

Cara Download Lagu MP3 Youtube, TikTok, dan Spotify

Cara Download Lagu MP3 mungkin bisa dibagi menjadi beberapa. Berdasarkan sumber atau tempat file MP3 yang ingin di unduh dan metode yang digunakan. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk mengunduh file MP3.

Cara Download Lagu MP3 dari YouTube

YouTube menjadi salah satu platform berbagi video yang paling populer. Tidak hanya sekedar konten video, berbagai konten musik juga bisa dinikmati. Kalau ingin mendengarkan lagu dari YouTube, berlangganan YouTube Premium akan lebih mudah.

Dengan YouTube Premium, kita bisa mengunduh dan menyimpan lagu dalam aplikasi. Sehingga kita bisa memutarnya kapanpun tanpa akses internet. Bahkan, fitur background play juga bisa digunakan untuk memutar lagi YouTube meskipun layar dalam keadaan mati (pakai headset). Cek Rekomendasi Earbuds Terbaik 2022.

Cara download lagu MP3 dari YouTube ini memang cara tanpa aplikasi yang paling mudah dan simple. Akan tetapi, untuk berlangganan YouTube Premium kamu harus membayar Rp.59.000 setiap bulannya.

Cara Download Lagu dari Youtube ke Play Music

Selain dengan YouTube Premium, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Play Music untuk cara download lagu dari YouTube tanpa aplikasi. Aplikasi Play Music merupakan aplikasi bawaan yang ada disetiap perangkat Android, jadi mungkin bisa dibilang cara ini tanpa aplikasi tambahan. Untuk langkah-langkahnya: 

  • Cari lagu di YouTube yang ingin didownload
  • Cari tombol share
  • Pilih “Copy Link” atau “Salin Tautan”
  • Buka situs: Download Lagu MP3
  • Paste atau tempel link tadi
  • Klik tombol “Convert”
  • Klik “Download”, tunggu proses selesai

Cara Download Lagu MP3 dari Spotify

Hampir sama dengan YouTube Premium, Spotify merupakan sebuah platform berbayar yang bisa digunakan untuk download lagu tanpa aplikasi tambahan. Bedanya, Spotify hanya fokus pada konten berupa audio seperti lagu ataupun Podcast.

Sebenarnya kamu bisa menikmati berbagai konten audio termasuk lagu di Spotify secara gratis. Akan tetapi, kamu harus berlangganan premium untuk mendapatkan fitur download lagu. Kamu bisa menyimpan lagu yang kamu suka, sehingga bisa memutarnya kapanpun secara offline alias tanpa internet. Caranya: 

  • Download dan buat akun Spotify
  • Kalau mau unduh lagu, jangan lupa berlangganan dulu
  • Cari lagu yang ingin kamu download
  • Pada tampilan pemutar lagu, terdapat berbagai fitur
  • Pilih “Simpan” atau “Download”
  • Tunggu proses download selesai
  • Lagu sudah tersimpan di HP kamu dan bisa didengarkan kapanpun melalui Spotify

Untuk ulasannya bisa cek di Review Aplikasi Podcast. Mungkin setelah membacanya kamu jadi tertarik dan mau berlangganan Spotify Premium.

Cara Download Lagu TikTok tanpa Aplikasi

Seperti yang kita bahas pada Cara Download Lagu TikTok tanpa Aplikasi, sebenarnya TikTok tidak memberikan fitur download. Mungkin kamu bisa download konten-konten yang kamu unggah sendiri, tapi tidak untuk konten milik orang lain. Hal ini memang terkait peraturan Hak Cipta.

Tapi kamu bisa mengunduh lagu TikTok dengan website downloader. Beberapa website memiliki layanan untuk download lagu hanya dengan memasukkan link sebuah konten. Sebelum download lagu, copy link dari konten yang ingin didownload lagunya. Untuk copy link ada difitur “Share” atau “Bagikan” ya, Sob.

Berikut ini beberapa website downloader yang bisa kamu gunakan untuk download lagu TikTok.

  1. y2mate.com
  2. y2meta.com
  3. x2download
  4. mp3juice.cc

Dan untuk cara menggunakannya adalah sebagai berikut: 

  • Buka salah satu situs di atas
  • Paste atau tempel link konten yang sebelumnya di Copy
  • Beberapa situs memberikan pilihan format file
  • Kalau mau download lagu, pilih MP3
  • Klik “Download”, atau ada yang “Convert”
  • Tunggu prosesnya selesai
  • File MP3 biasanya tersimpan di folder “Download”

Download Lagu dari Platform Penyimpanan File Online

Kamu juga bisa cari dan download lagu dari beberapa platform penyimpanan data atau file online. Seperti 4Shared dan SounCloud. Platform ini memberikan layanan penyimpanan pada penggunanya. Pengguna bisa menyimpan sebuah file dan membagikannya untuk diakses pengguna lain.

Biasanya ada pengguna yang memang menggunakan platform ini untuk membagikan file tertentu, termasuk lagu MP3. Asal ada orang yang menggunggah dan membagikan aksesnya, kamu bisa download lagu yang kamu cari dari platform tersebut.

Caranya mudah kok, kamu tinggal akses situsnya atau  bisa juga unduh aplikasinya. Ketikkan judul lagu yang kamu cari. Jika muncul, kamu bisa langsung mengunduhnya dan menyimpan file MP3 tersebut.

Akhir Kata

Itu dia beberapa cara download lagu MP3 dengan berbagai metode dan sumber. Sebenarnya download lagu ataupun konten lainnya merupakan tindakan pelanggaran Hak Cipta alias pembajakan. Entah mengapa tindakan membajak sebuah karya seperti download lagu menjadi sebuah hal yang terkesan wajar di Indonesia.

Mungkin kalau dulu memang “pantas” ya, Sob. Kalau ingin punya karya (lagu) orang, kita harus membelinya dalam bentuk fisik seperti kaset, CD, atau DVD yang harganya relatif kurang terjangkau seluruh kalangan. Tapi, di era digital ini kita sangat dimudahkan loh.

Untuk bisa menikmati karya orang secara legal dan benar, kita bisa memanfaatkan platform digital. Kalau untuk musik, mungkin bisa pakai Spotify Premium atau YouTube Premium. Selain itu, dengan tidak membajak bisa menjadi bentuk apresiasi kita kepada musisi atau seniman agar terus berkarya.

Kalau kalian mau berlangganan YouTube Premium, JagoanGadget.com menyediakan akun dengan harga murah loh. Cukup Rp.35.000 saja kamu bisa menggunakan YouTube Premium selama 4 bulan (1 bulannya nggak sampai 10K Sob!). Minat? Langsung klik Beli YouTube Premium Murah, tanya-tanya dulu juga bisa kok.