Cara Daftar Prakerja 2023 lewat HP

Cara Daftar Prakerja 2023 lewat HP
Cara Daftar Prakerja 2023 lewat HP

Jagoan Gadget – Daftar Prakerja 2023 menjadi hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat untuk mengawali tahun ini. Bagaimana tidak, sejak kemunculannya sudah banyak yang merasa terbantu oleh program ini.

Program pemerintah ini dimulai sejak 11 April 2020. Masyarakat yang berhasil terdaftar, bisa mengikuti berbagai program pelatihan yang bisa meningkatkan skill atau kemampuan mereka.

Yang menarik, peserta Prakerja akan mendapatkan saldo atau uang tunai. Yang mana uang ini bisa digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang tersedia. Tidak sampai disitu, peserta juga akan mendapatkan bantuan dana selama mengikuti pelatihan kerja.

Apa itu Prakerja?

Cara Daftar Prakerja 2023 lewat HP
Cara Daftar Prakerja 2023 lewat HP

Program Pekerja Pra-Sekolah (Prakerja) adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan membantu pemuda untuk memasuki dunia kerja.

Program ini menawarkan pelatihan dan pendampingan bagi peserta untuk membangun keterampilan dan memperoleh pengalaman kerja sehingga memudahkan mereka untuk memasuki dunia kerja.

Tidak hanya bisa membuat peserta lebih siap menghadapi dunia kerja, program Prakerja juga memberikan pelatihan yang bisa membuat peserta bisa berwirausaha.

Beberapa pelatihan memberikan peserta kemampuan untuk bisa berwirausaha. Beberapa pelatihan mengajarkan peserta untuk bisa lebih produktif. Yang mana peserta bisa memproduksi produk-produk dengan nilai jual.

Manfaat Prakerja

Daftar Prakerja 2023 sangat diminatik karena memang memberikan berbagai manfaat untuk peserta, di antaranya:

  • Pelatihan dan pendampingan: Peserta akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan yang berkualitas dari tenaga ahli dan praktisi di bidangnya.
  • Pembangunan keterampilan: Peserta akan memperoleh keterampilan dan pengalaman kerja yang berguna dalam memasuki dunia kerja.
  • Mendapatkan pekerjaan: Peserta yang berhasil menyelesaikan program akan memperoleh sertifikat yang dapat menjadi bukti keterampilan dan pengalaman kerja yang berguna dalam mencari pekerjaan.
  • Pendanaan: Peserta yang terpilih akan menerima bantuan pendanaan untuk menyelesaikan program.
  • Kemampuan berkompetisi: Peserta akan memperoleh kemampuan berkompetisi di dunia kerja dan dapat membuka peluang untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik.
BACA JUGA:  Cara Dapat Uang dari Snack Video tanpa Undang Teman

Dengan demikian, SDM peserta bisa meningkat dan bisa lebih bersaing di dunia kerja. Bahkan, peserta juga bisa dibekali dengan kemampuan untuk berwirausaha.

Cara Daftar Prakerja 2023

Mungkin banyak Netizen yang sudah memahami bagaimana langkah-langkah untuk mengikuti program pelatihan ini. Karena memang, program sudah mulai berjalan sejak 3 tahun lalu dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Bagi Sobat Gadget yang berminat untuk daftar Prakerja 2023 tapi belum tahu bagaimana caranya, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi situs resmi Prakerja: Akses situs resmi Prakerja melalui alamat https://prakerja.go.id/.
  2. Buat akun: Klik tombol “Daftar” dan isi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan lengkap.
  3. Verifikasi email: Cek inbox email Anda dan klik link verifikasi untuk memvalidasi akun Anda.
  4. Login ke akun: Setelah verifikasi email, login ke akun Prakerja Anda dengan menggunakan alamat email dan password yang telah Anda buat.
  5. Isi profil: Isi profil Anda dengan informasi yang benar dan lengkap, termasuk informasi pendidikan dan pengalaman kerja.
  6. Pilih program: Pilih program pelatihan yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda.
  7. Ajukan permohonan: Klik tombol “Ajukan Permohonan” dan ikuti instruksi selanjutnya untuk mengajukan permohonan program Prakerja.
  8. Tunggu pengumuman: Anda akan menerima pemberitahuan melalui email dan aplikasi Prakerja jika permohonan Anda diterima atau ditolak.

Yap, Daftar Prakerja 2023 terdapat tahap seleksi. Yang artinya, tidak semua orang mendaftar bisa mengikuti program pelatihan dan mendapatkan dana bantuan.

Sedikit tips agar bisa lolos seleksi di daftar Prakerja 2023, isi semua data dengan lengkap dan asli. Jawab juga beberapa tes dengan jawaban yang benar.

Cara Daftar Prakerja 2023 lewat HP

Di era digital yang banyak pengguna memakai smartphone, program Prakerja ini mungkin bisa dinilai belum efektif.

BACA JUGA:  5 Game Slot Penghasil Uang tanpa Deposit Terbaik 2022

Karena untuk semua prosesnya masih harus dilakukan melalui situs web. Meski secara online, tapi belum ada aplikasi yang terintegrasi untuk daftar Prakerja 2023.

Banyak masyarakat yang masih bingung untuk daftar prakerja lewat HP. Sebenarnya cukup mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser ponsel Anda (Google Chrome, Mozilla Firefox, dll)
  2. Kunjungi situs web resmi Prakerja: prakerja.id
  3. Klik tombol “Daftar” yang terdapat di halaman utama.
  4. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan lengkap, termasuk nama, email, nomor telepon, dan lain-lain.
  5. Unggah dokumen pendukung seperti KTP dan Ijazah (jika ada).
  6. Klik tombol “Daftar”.
  7. Cek email Anda untuk mengetahui status pendaftaran Anda.

Catatan: Pastikan untuk mengakses situs web Prakerja melalui jaringan internet stabil untuk menghindari masalah pendaftaran.