Cara Daftar Official Store Tokopedia

Official Store Tokopedia – Tokopedia merupakan salah satu marketplace populer dengan banyak pilihan produk. Selain itu, jumlah seller hingga buyer yang terdapat pada layanan ini dianggap terus bertambah.

Kemudahan transaksi yang tersedia memberikan kenyamanan bagi banyak user. Salah satu keunggulan yang dimiliki layanan ini tentu saja adanya Official Store.

Keunggulan Official Store Tokopedia

Official Store Tokopedia
Official Store Tokopedia

Official store Tokopedia yang tersedia saat ini banyak menjadi pilihan utama bagi user. Alasan yang paling utama tentu saja dukungan produk berkualitas dan kepercayaan yang ditawarkan.

Apalagi banyak official store yang berada di Tokopedia memberikan garansi. Ini menjadi sangat penting bagi user yang sering melakukan transaksi. Sudah dipastikan seluruh produk yang ditawarkan adalah original.

Hal ini yang membuat Tokopedia memberikan kesempatan bagi banyak seller untuk menjadi official store. Apalagi syarat yang ditetapkan untuk menjadi official store dianggap tidak terlalu rumit.

Proses pengajuan dari official store memang membutuhkan syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan seller.

Cara Daftar Official Store di Tokopedia

Proses verifikasi yang diberlakukan dianggap tidak terlalu rumit. Saat ini ada tiga jenis bagian dari official store di Tokopedia seperti pemilik merek, seller resmi, dan seller terbaik Tokopedia. Berikut ini adalah cara mudah menjadi official store Tokopedia:

  1. Kunjungi link resmi dari seller tokopedia melalui situs web.
  2. Klik “Daftar jadi official”.
  3. Masukkan data toko dan domain.
  4. Isi data toko dan upload berbagai syarat dan ketentuan yang telah wajib ditentukan oleh Tokopedia.
  5. Pastikan seluruh data telah diupload dengan baik dan benar. Tunggu hingga tim dari Tokopedia menghubungi seller. Biasanya tim juga akan melakukan pemeriksaan hingga verifikasi secara langsung.
  6. Biasanya proses untuk pengajuan menjadi Official Store membutuhkan durasi hingga 20 hari kerja terhitung dari pertama kali pengajuan.
  7. Tim dari tokopedia memberlakukan durasi pemeriiksaan selama 10 hari kerja pertama. Selanjutnya, bila mendapatkan persetujuan maka seller akan melakukan penandatanganan kontrak, security deposit, dan upload dekorasi toko di 10 hari kerja berikutnya.
  8. Perlu diingat bahwa bila dalam 10 hari kerja pengajuan official store tidak mendapatkan tanggapan cobalah untuk segera menghubungi tim Customer Care Tokopedia. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kepastian dari proses pengembangan dari pengajuan yang telah dilakukan sebelumnya.

Kategori Seller yang bisa Mengajukan Official Store Tokopedia

Ada beberapa kategori dari seller yang berhak untuk melakukan pengajuan menjadi official store Tokopedia.

Pilihan kategori itu seperti pemilik brand atau merek, seller yang sudah resmi hingga seller terbaik dengan reputasi atau review paling baik. Penjelasan dari masing-masing kategori seller itu yaitu:

Pemilik merek

Kategori ini merupakan pemilik merek resmi atau seller yang sudah memegang hak merek dagang tertentu.

Pemilik merek resmi juga menjadi bagian dari pengusaha kreatif lokal, pemilik merek nasional hingga global dengan izin yang disahkan di Indonesia.

Biasanya pemilik merek ini juga sudah melakukan penjualan secara langsung dengan dukungan dari sistem yang berlaku profesional.

Pemilik merek juga dianggap telah memiliki dukungan dari sistem manajemen perusahaan yang lebih kompleks.

Seller Resmi

Ini merupakan bagian dari pengusaha atau pihak yang menjual produk dengan kepemilikan lisensi hingga izin dari pemilik merek asli untuk melakukan kegiatan penjualan produk.

Biasanya seller resmi memiliki bukti maupun sertifikasi yang diberikan secara langsung dari pemilik merek.

Seller terbaik Tokopedia

Kategori ini adalah seller yang sudah memiliki status Power Merchant atau Power Merchant PRO dengan izin untuk melakukan penjualan secara resmi.

Rating yang didapatkan juga sangat baik dari para pembeli. Selain itu, seller ini juga memiliki layanan respon sangat cepat sesuai ketentuan dari tokopedia.