5 Cara Cek Kecepatan Wifi di HP dengan Mudah

Cek Kecepatan Wifi
Cek Kecepatan Wifi

Cek kecepatan wifi – Penggunaan jaringan wifi pada perangkat smartphone atau hp memang sering dilakukan para user.

Ini memang memudahkan fungsional dari smartphone untuk membuka aplikasi hingga browsing. Namun, banyak juga user yang bisa mencoba untuk melakukan pengecekan langsung kecepatan internet melalui wifi yang digunakan. Hal ini akan membantu user untuk memaksimalkan aplikasi yang paling ideal.

Metode pengecekan kecepatan wifi bisa dilakukan melalui browser smartphone. Perangkat HP juga harus sudah mendukung aplikasi populer seperti Chrome, Mozilla hingga Edge.

Selain itu, pastikan juga perangkat yang digunakan sudah tersambung dengan baik pada jaringan wifi. Ini memudahkan pengecekan secara real time.

Cara Cek Kecepatan Wifi

Cek Kecepatan Wifi
Cek Kecepatan Wifi

Metode dan cek kecepatan wifi melalui browser smartphone sangat aman digunakan. Rujukan tools dan web yang digunakan juga bebas malware.

Apalagi tools ini berlaku secara real time. Ini akan membantu user untuk mendapatkan hasil pengecekan secara lengkap.

Hal paling penting tentu saja metode yang digunakan sangat mudah karena membutuhkan beberapa langkah sederhana. Cara cek kecepatan wifi bisa dilakukan melalui:

1. Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla menjadi situs terpercaya untuk mengecek kecepatan internet yang cukup terkenal. Cara cek kecepatan WiFi lewat Speedtest by Ookla bisa diakses dengan mengunjungi laman ini https://www.speedtest.net/id.

Saat situs telah terbuka, user harus klik tombol “Mulai”. Selanjutnya, tools web akan berkerja dan mulai melakukan deteksi kecepatan download, upload hingga rincian jaringan wifi yang sudah terhubung dengan perangkat. Biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 3 menit saja.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Google Lens, Fitur Penelusuran Canggih!

2. Fast.com

Fast.com juga dianggal situs untuk mengecek kecepatan internet. Web ini dikembangkan langsung oleh Netflix.

Metode yang digunakan juga hampir sama dengan mengakses https://fast.com melalui browser. Setelah web terbuka maka user akan melakukan pengecekan secara otomatis.

Rincian kecepatan wifi akan ditampilkan secara lengkap. Hal ini membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja.

3. SpeedSmart

SpeedSmart adalah situs yang juga sama digunakan untuk cek kecepatan internet. Metode yang digunakan juga sangat mudah.

User harus mengunjungi situs https://speedsmart.net melalui browser. Selanjutnya, tap bagian tombol Start Test.

Tools akan melakukan pengecekan langsung. Rincian yang ditampilkan juga sama yaitu download, upload dan latensi dari jaringan wifi yang digunakan.

Situs ini bisa digunakan untuk banyak browser dan bebas dari malware.

4. Speed Test Google

Metode lain yang digunakan adalah dengan mengecek koneksi internet melalui spees test google. Cara yang dilakukan dianggap sangat mudah dengan membuka situs Google Search pada browser lalu ketik keyword Speed Test.

Klik hasil pencarian pada bagian atas milik Google. Tekan tombol Jalankan Uji Kecepatan. Hasil yang ditampilkan juga sama dengan situs lainnya.

Jangan khawatir metode ini dianggal memiliki tingkat akurasi yang cukup baik. Bahkan, hasil pengecekan berlaku secara real time.

5. Open Speed Test

Situs lain yang bisa dicoba untuk melakukan pengecekan kecepatan wifi adalah Open Speed Test. Metode yang digunakan untuk cek kecepatan wifi cukup mudah.

User bisa mengunjungi https://openspeedtest.com/. Setelah itu, klik tombol Play dan tools akan mulai bekerja dalam pengecekan.

Hasil rincian yang ditampilkan adalah kecepatan download, upload dan rincian lainnya. User juga bisa menggunakan situs pengecekan ini berkali-kali untuk mendapatkan rincian yang sesuai dengan kondisi jaringan wifi.

BACA JUGA:  Cara Download Reels IG tanpa Aplikasi

Jika dirasa kecepatan wifi tidak sesuai dengan paket yang ditawarkan, bisa lakukan komplain langsung ke provider melalui Customer Service.

Bisa juga baca artikel lainnya dari jagoangadget.com terkait Internet dan Wifi yang mungkin bisa membantu menyelesaikan kendala yang sedang di alami.