Cara Cek iPhone Inter dan iBox Terbaru 2022

Cara Cek iPhone Inter dan iBox adalah hal yang wajib kamu ketahui kalau kamu peminat iPhone. Karena iPhone Inter memiliki resiko yang cukup tinggi. Yakni IMEI diblokir oleh Kemenperin. Jadi, kalau kamu ingin beli iPhone, disarankan yang resmi salah satunya iPhone iBox.

Terkait kebijakan pemerintah tahun 2020 lalu, Pemerintah melakukan penertiban peredaran HP ilegal di Indonesia. Melalui Kemenperin, HP ilegal yang IMEI nya tidak terdaftar maka akan diblokir. Hal ini menyebabkan perangkat tidak bisa mendapatkan layanan jaringan dari provider atau operator lokal. Dengan kata lain, HP tidak akan bisa muncul sinyal.

Oleh karena itu, cukup penting untuk mengetahui bagaimana cara cek iPhone Inter dan iBox. Jangan sampai pilih iPhone Inter dan akhirnya IMEI diblokir. Lebih baik pilih yang resmi seperti iPhone iBox karena lebih aman.

Cek iPhone Inter dan iBox

Sejak era Blackberry, di Indonesia sendiri sudah marak beredar smartphone ilegal. Ada yang menyebutnya Blackmarket, Refurbish, Rekondisi, dan sebagainya yang intinya semua sama-sama barang ilegal.

Kebetulan di era Android dan iOS ini pemerintah mulai mengambil tindakan tegas untuk mengendalikan peredaran smartphone di Indonesia. Sebenarnya banyak juga HP Android ilegal yang serupa dengan iPhone Inter. Akan tetapi, memang mayoritas HP ilegal yang beredar dan cukup populer adalah iPhone.

Mungkin karena variasi produk iPhone terbatas, semua smartphone rilisannya adalah level flagship yang harganya tentu tinggi. Maka dari itu, iPhone Inter yang dibanderol relatif lebih murah cukup laris di pasaran.

Sekali lagi, inilah alasan yang kuat untuk peminat iPhone agar memahami bagaimana cara cek iPhone Inter dan iBox.

Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Sebelum lanjut membahas tentang tutorial atau cara cekiPhone Inter dan iBox, alangkah baiknya kalau kita mengenali keduanya lebih dalam lagi. Tentu di antara kedua perangkat iPhone ini ada perbedaan yang bisa kita gunakan untuk membedakannya.

Untuk pembahasan ini, sebenarnya sudah kita ulas lengkap di artikel sebelumnya. Kamu bisa cek di Perbedaan iPhone Inter dan iBox. Tapi untuk melengkapi pembahasan kali ini, kita akan ulas kembali secara singkat.

iPhone Inter

iPhone Inter - Cara Cek iPhone Inter dan iBox
iPhone Inter – Cara Cek iPhone Inter dan iBox

Pada intinya, iPhone Inter adalah produk iPhone yang masuk ke Indonesia atau diimpor tanpa melalui prosedur perizinan yang ada. iPhone ini masuk melalui importir atau distributor yang tidak memiliki izin lengkap, sehingga barang pun dianggap ilegal.

Kebanyakan iPhone Inter yang masuk adalah iPhone dengan kondisi bekas atau second. Dengan kata lain, produk tersebut adalah produk bekas pemakaian dari luar negeri yang dijual secara bebas tanpa izin di Indonesia. Oleh karena itu, iPhone Inter juga dikenal dengan iPhone Ex Inter.

Selain itu, garansi juga menjadi kekurangan dari iPhone Inter. Karena kebanyakan kondisi second, tentu rata-rata masa garansinya sudah habis. Lalu apa bedanya dengan iPhone iBox atau resmi yang masa garansinya juga habis?

Yang jadi masalah adalah ketika iPhone Inter mengalami kerusakan, kamu tidak bisa membawanya ke service center resmi. Produk akan ditolak karena bukan barang resmi. Berbeda dengan iPhone iBox atau resmi yang masa garansinya habis, kamu bisa memperbaikinya di service center meski mungkin ada biaya untuk perbaikan. Satu-satunya solusi kalau iPhone Inter mengalami kerusakan adalah dengan membawanya ke tempat service HP.

Kemudian, yang menjadi masalah paling fatal adalah masalah legalitas dari sisi Pemerintah. Dengan adanya kebijakan yang sudah kita singgung tadi, iPhone Inter akan diblokir IMEI nya sehingga tidak bisa muncul sinyal. Inilah yang jadi kendala terbesar kalau kamu pakai iPhone Inter. Mau diservice atau diperbaiki seperti apapun, iPhone tidak akan kembali normal.

iPhone iBox

iPhone iBox - Cara Cek iPhone Inter dan iBox
iPhone iBox – Cara Cek iPhone Inter dan iBox

Sedangkan iPhone iBox adalah produk Apple yang didistribusikan oleh salah satu Apple Authorized Reseller alias distributor resmi produk Apple, yakni iBox. iBox sendiri sebenarnya bukan bagian langsung dari Apple, hanya distributor resmi.

Namanya memang sering membuat orang salah sangka, bahwa iBox adalah bagian dari Apple. Dengan nama yang cukup identik dengan produk-produk Apple, banyak yang mengira kalau iPhone resmi ya cuma dari iBox.

Padahal, sebenarnya ada beberapa distributor yang juga resmi menjual produk-produk Apple termasuk iPhone. Seperti Digimap, Erafone, dan lainnya. Produk Apple dari mereka juga resmi kok dan tentunya asli 100%.

Tapi karena memang Netizen sudah mengenal istilah iBox sebagai iPhone resmi, jadi kita pakai istilah “iPhone iBox” saja deh. Meskipun produk iPhone resmi dari distributor lainnya juga sama kualitas dan keamanannya.

Selengkapnya bisa kamu baca di Garansi Resmi iPhone Apa Saja?

Cara Cek iPhone Inter dan iBox

Sebagai peminat dan juga user iPhone, tentu kamu wajib tahu bagaimana cara cek iPhone Inter dan iBox. Hal ini untuk terhindar perangkat yang kamu beli dan pakai nantinya terkena pemblokiran IMEI.

Nggak lucu dong beli HP mahal-mahal tapi tidak ada sinyalnya. Meski ada beberapa yang menawarkan Jasa Unblock IMEI, tapi lebih baik kamu menghindari iPhone Inter agar tidak mendapat masalah dikemudian hari.

Lalu bagaimana sih cara cek iPhone Inter dan iBox? Berikut jagoangadget.com sudah merangkum tutorial dan trik jitu untuk mengetahui sebuah perangkat iPhone Inter atau iBox.

1. Cek IMEI Kemenperin

Kalau kamu khawatir IMEI akan diblokir oleh Kemenperin, tentu pilih iPhone iBox jadi langkah yang paling tepat. Tapi bagaimana bisa tahu kalau sebuah perangkat itu iBox atau bukan? Cara cek iPhone Inter dan iBox pertama adalah dengan cek IMEI melalui situs Kemenperin.

Kamu bisa langsung ke halaman resmi di https://imei.kemenperin.go.id/. Di halaman ini, tersedia kolom untuk memasukkan nomor IMEI. Tinggal masukkan saja nomor IMEI dari perangkat iPhone. Jika keluar, berarti sudah terdaftar. Sebaliknya, kalau belum berarti belum terdaftar yang artinya iPhone Inter (ilegal) dan kemungkinan besar akan diblokir (jika belum).

Tutorial lengkapnya bisa cek di “Cara Cek IMEI Terblokir atau Tidak“.

Situs ini mengambil data dari data base Kemenperin. Yang artinya, semua IMEI yang muncul menandakan bahwa perangkat sudah terdaftar secara resmi. Sedangkan kalau tidak muncul, artinya ya tidak terdaftar secara resmi. Siap-siap IMEI diblokir dan sinyal iPhone hilang.

Tetapi, beberapa kasus yang dialami Sobat Gadget pengecekan IMEI iPhone Inter bisa muncul. Namun pada akhirnya perangkat juga kena penertiban, sehingga IMEI diblokir dan hilang.

Jadi, cara cek iPhone Inter dan iBox ini mungkin tidak bisa akurat 100% dan dijadikan patokan untuk membedakan keduanya. Tapi tenang, masih ada cara lain kok untuk memastikannya.

2. Cek Garansi

Kalau kamu beli iPhone kondisi baru di toko resmi sih tidak usah khawatir, pastinya 100% legal dan resmi. Tapi kamu beli kondisi second atau bekas, perhatikan garansinya, Meskipun sudah habis masanya, tapi garansi bisa dijadikan cara cek iPhone Inter dan iBox.

Ketika kamu ingin beli iPhone bekas, sebisa mungkin cari yang kondisinya lengkap terutama untuk kartu garansi. Kalau perlu kamu cari yang masih ada nota pembeliannya. Hal ini bisa menunjukkan bahwa perangkat iPhone tersebut bekas garansi apa.

Kalau kartu garansinya ada dan memang benar bekas garansi resmi, ambil. Tapi kalau tidak ada, kamu perlu melakukan cara cek iPhone inter dan iBox dengan IMEI ataupun cara selanjutnya.

Karena memang tidak sedikit pengguna smartphone Indonesia yang menjual barangnya tidak lengkap meskipun barangnya resmi. Ada yang karena kelengkapan hilang, rusak, ataupun alasan lainnya. Jadi, kalau tidak ada kartu garansinya bukan berarti pasti iPhone Inter.

3. Box atau Kardus HP

Cara cek iPhone Inter atau iBox berikutnya bisa kamu lakukan dengan melihat box atau kotak kardus dari perangkat. Ada perbedaan antara kemasan iPhone yang beredar di Indonesia dengan di luar negeri.

iPhone iBox atau resmi pada box nya akan tertulis infomasi IMEI di bagian sisi (samping kiri, samping kanan, atas, dan bawah). Sedangkan untuk iPhone Inter ada dibagian bawah (dibalik kotak).

Tapi, ini juga tidak bisa jadi satu-satunya patukan untuk membedakan keduanya ya, Gaes. Kamu juga perlu cara lainnya untuk bisa memastikan sebuah perangkati iPhone inter atau iBox. Jangan lupa, pastikan IMEI yang tertulis di kotak dan perangkat sama. Pada device, kamu bisa melihat nomor IMEI pada menu pengaturan atau dial *#06#.

Karena untuk kelengkapan iPhone sendiri bisa kita pesan atau beli, termasuk kotaknya. Ini juga yang dilakukan oknum penjual “nakal” untuk menjual iPhone Inter dalam status iPhone resmi.

4. Kode Negara

Selanjutnya untuk cara cek iPhone Inter atau iBox adalah dengan melihat kode negaranya. Untuk iPhone yang beredar secara resmi di Indonesia, memiliki 3 kode khusus yakni:

  • PA/A
  • ID/A
  • FE/A

Jadi, kalau perangkat menunjukan kode negara selain itu bisa dipastikan perangkat tersebut berasal dari luar alias iPhone Inter.

Lalu, bagaimana cara melihat kode negara iPhone? Mudah kok, kamu bisa melihatnya di menu “Pengaturan” > “Umum” > “Tentang”. Kalau iPhone nya pakai bahasa Inggris bisa melalui “Setting” > “General” > “About”. Nanti di sana terdapat berbagai informasi mengenai perangkat, termasuk kode negaranya.

Lebih tepatnya, di bagian “Model Number” atau “Nomor Model, di bagian akhir. Seperti gambar di bawah ini:

Cek Kode Negara iPhone
Cek Kode Negara iPhone – Cara Cek iPhone Inter dan iBox

Untuk contoh di atas, kode negara iPhone adalah LL/A yang artinya adalah iPhone Inter. LL sendiri merupakan kode untuk negara Amerika Serikat atau USA.

5. Harga

Cara cek iPhone Inter atau iBox alias resmi yang terakhir adalah dari segi harganya. iPhone Inter ditawarkan dengan harga yang relatif lebih murah. Selain tidak kena pajak dan biaya lainnya, penjual menawarkan harga lebih murah untuk “menutupi kekurangan”. Biar orang lebih tertarik.

Ini juga yang membuat banyak Netizen lebih memilih iPhone Inter. Sebagian orang kurang teliti dan bahkan cenderung tidak peduli apakah itu iPhone Inter atau resmi. Yang penting harganya murah, langsung beli. Padahal banyak resiko kalau kamu ambil iPhone inter, yang paling bahaya adalah kena blokir.

iPhone iBox atau resmi memang lebih mahal. Tapi pastinya terjamin kualitas sekaligus keamanannya. Kalau beli kondisi baru, jangan khawatir ada kerusakan karena ada garansi resmi. Dan juga tidak perlu takut IMEI nya diblokir Kemenperin.

Tapi sekali lagi, harga juga tidak bisa jadi patokan utama untuk membedakan legalitas iPhone ya, Gaes. Kamu juga harus pakai cara cek iPhone inter dan iBox lainnya.

Kalau mau cek harga pasaran iPhone iBox atau iPhone resmi lainnya, bisa cek melalui tombol di bawah ini:

Kesimpulan untuk Cara Cek iPhone Inter dan iBox

Jadi, penting untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara cek iPhone Inter dan iBox. Sangat direkomendasikan untuk membeli iPhone resmi. Entah itu dari iBox, Digimap, Erafone, ataupun distributor lainnya.

Tentu yang jadi alasan utama adalah agar IMEI iPhone tidak diblokir kedepannya. Karena masih banyak beredar iPhone Inter yang belum terblokir, tapi tetap saja pada akhirnya tidak bisa dipakai karena tidak ada sinyal.

Jadi, kamu perlu memahami 5 cara cek iPhone Inter dan iBox di atas untuk bisa membedakan keduanya.

Berikut ini, ada beberapa pertanyaan yang sering muncul dari Netizen terkait cara cek iPhone inter dan iBox. Jagoan Gadget ingin coba membantu dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

• Cara cek iPhone iBox Apa Inter?

Untuk cara cek iPhone inter dan iBox ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yakni periksa status IMEI, cek garansi, cek fisik, kode negara, dan juga harga.

Untuk lebih detailnya, simak kembali ulasan di atas.

• Cara mengetahui iPhone garansi apa?

Untuk mengetahui sebuah perangkat iPhone garansi apa, tentu dari kartu garansi yang ada pada kelengkapan perangkat. Dari kartu garansi, kita bisa mengetahui garansi apa yang mengcover kendala selama masih dalam masa garansi.

Kalau kamu ingin mengetahui garansi sebuah perangkat iPhone karena ingin tahu legalitas iPhone tersebut. Bisa cek kembali cara cek iPhone inter dan iBox di atas.

• Apakah iPhone garansi internasional itu asli?

Tentu saja asli, iPhone garansi Internasional atau iPhone inter hanya perangkat yang tidak terdaftar secara resmi di Indonesia. Untuk masalah kualitas sendiri sudah pasti original alias asli.