Cara Cek BPOM Online Dari Aplikasi dan Website

BPOM online – BPOM merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang memiliki peranan penting untuk mengawasi seluruh peredaran dari produk kategori obat hingga makanan. Biasanya jenis dari produk ini termasuk suplemen, kosmetik, obat, minuman kemasan dan lainnya.

Fungsional dari BPOM untuk mengawasi dan memastikan bahwa pengawasan dari seluruh jenis produk yang telah beredar di seluruh wilayah Indonesia tidak berdampak buruk bagi masyarakat.

Selain itu, BPOM juga memberikan rekomendasi sanksi terhadap produsen dari produk jenis makanan dan obatan yang telah melanggar ketentuan.

Seluruh produk seperti makanan dan obat harus mendaftar di BPOM hingga mendapatkan ijin. Proses ini memang membutuhkan waktu dan ketentuan yang telah berlaku.

BPOM juga akan melakukan pengecekan terhadap bahan baku dan pengemasan. Rincian produk akan mendapatkan nomor registrasi yang akan ditempatkan pada kemasan sebagai bukti dalam pengawasan BPOM.

Produk yang telah teregistrasi dan mendapat izin edar BPOM tentu saja sudah memiliki kelayakan untuk konsumsi secara massal.

Ini yang membuat masyarakat harus mulai memperhitungkan seluruh produk dalam pengawasan BPOM. Apalagi terdapat juga makanan hingga obatan yang bertindak curang dengan menempatkan registrasi palsu.

Hal itu tentu saja akan merugikan masyarakat. Cobalah untuk memeriksa terlebih dahulu registrasi BPOM melalui metode online.

Cek Registrasi BPOM Online

BPOM Online
BPOM Online

Saat ini BPOM telah menyediakan layanan yang membantu masyarakat untuk memeriksa status registrasi dari sebuah produk secara online.

Metode yang digunakan juga sangat mudah melalui web resmi dan aplikasi BPOM. Metode yang digunakan seperti:

Metode Cek BPOM Online lewat Situs Web

  1. Masyarakat bisa memeriksa kemasan produk pada makanan dan obat melalui registrasi BPOM. Biasanya registrasi itu diawali dengan huruf “N” selanjutnya terdapat kombinasi angka dibelakangnya. Contohnya adalah NA123456678.
  2. Akses situa resmi https://cekbpom.pom.go.id/ pada browser.
  3. Segera menuju kolom “Cari Produk”.
  4. Coba pilih opsi “Nomor Registrasi” lalu masukkan nomor registrasi BPOM yang sudah ditempatkan pada kemasan produk.
  5. Setelah itu, klik menu Cari dan tunggu hingga proses pencarian informasi berkaitan dengan produk itu muncul.
  6. Biasanya rincian informasi yang tersedia adalah tanggal terbit izin edar, jenis produk, merek, nama produk, bentuk produk, perusahaan pendaftar, dan sebagainya.
  7. Bila tidak terdapat informasi yang berkaitan dengan registrasi produk maka dipastikan bahwa produk itu palsu dan menggunakan registrasi bodong.

Metode Cek BPOM Online dari Aplikasi

  1. Pastikan telah download aplikasi BPOM Mobile yang tersedia melalui Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).
  2. Install aplikasi hingga selesai dan benar.
  3. Setelah itu, buka aplikasi BPOM Mobile lalu klik bagian menu Pencarian. Biasanya menu ini terdapat pada bagian bawah aplikasi.
  4. Tap bagian menu Nomor Registrasi.
  5. Segera masukkan nomor registrasi yang terdapat pada kemasan produk.
  6. Klik bagian menu Cari Produk. Tunggu hingga proses selesai. Bila nomor registrasi benar maka seluruh rincian informasi akan ditampilkan secara lengkap. Namun, bila tidak terdapat informasi yang muncul maka nomor registrasi dianggal palsu atau bodong. Bisa dipastikan produk itu berbahaya.
  7. Metode pencarian informasi tentang rincian produk yang sudah terdaftar di BPOM Mobile juga bisa melalui pemindai kode QR. Metode ini juga sangat mudah, user hanya menekan tombol bagian dari menu QR Code lalu arahkan pada bagian kode di kemasan produk. Tunggu hingga proses selesai dilakukan.