5 Inspirasi Bisnis dari Kerajinan tangan Barang Bekas

Bisnis dari Kerajinan Tangan Barang Bekas
Bisnis dari Kerajinan Tangan Barang Bekas

Bisnis dari Kerajinan Tangan – Barang bekas bagi sebagian besar orang hanyalah berakhir di tempat sampah atau pengepul saja.

Padahal barang yang dianggap tak terpakai ini bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. dari barang bekas inilah anda bisa membuka berbagai peluang bisnis tersendiri.

Mulai dari kertas, botol, kayu hingga kaleng semuanya bisa disulap menjadi bahan baku membuat berbagai kerajinan tangan. Kerajinan tangan dari barang bekas juga banyak dicari di pasar luar negeri.

Karena kerajinan ini memiliki daya jual dan daya seni yang terbilang cukup menarik di pasaran.

Berbagai Bisnis dari Kerajinan Tangan Barang Bekas

Bisnis dari Kerajinan Tangan Barang Bekas
Bisnis dari Kerajinan Tangan Barang Bekas

Maka dari itu tidak menutup kemungkinan industri bisnis dari kerajinan tangan barang bekas anda bisa merambah hingga pasar ekspor.

Dari barang-barang bekas ini anda bisa memanfaatkannya menjadi lampu hias, kotak multifungsi, berbagai perkakas yang bermanfaat untuk rumahan hingga berbagai bingkisan untuk pernikahan yang unik karena terbuat dari barang yang sudah tidak dipakai lagi.

Memang inovasi dan kreativitas menjadi salah satu motor yang paling penting dalam menjalankan bisnis kerajinan tangan ini. berikut berbagai contoh bisnis kerajinan tangan dari barang bekas yang telah jagoangadget.com rangkum bisa anda coba.

1. Vas dan lampu dari botol bekas

Untuk meminimalisir penggunaan ulang botol bekas sebagai tempat minum, manfaatka botol plastik ini sebagai vas bunga atau tempat lampu.

BACA JUGA:  Penggemar Balap Motor Harus Tahu! 10 Game Balap Motor Terbaik Untuk Android

Bisnis dari kerajinan tangan barang bekas juga tepat untuk meminimalisir menumpuknya limbah plastik yang tidak bisa terurai.

Botol plastik bekas mudah dibentuk dan dihias dengan berbagai pernak-pernik. Untuk harganya sendiri masih terjangkau dan diminati banyak orang.

2. Lampu hias dan mainan dari kaleng bekas

Kaleng bekas juga menjadi salah satu limbah yang sulit terurai. Manfaatkan kaleng bekas ini untuk membuat berbagai mainan dan lampu hias.

Kaleng bekas memang memerlukan ketelatenan ketika dibentuk. Namun pajangan ini memiliki nilai seni tersendiri.

Pasar ekspor juga sangat terbuka untuk menampung jenis bisnis dari kerajinan tangan barang bekas ini. patung dan pajangan dari kaleng bekas sangat diminati masyarakat Eropa dan sekitarnya.

3. Tas dan bantal dari kain perca

Limbah konveksi ini bisa anda manfaatkan untuk mendulang penghasilan. Anda bisa mencari sisa potongan kain dari konveksi atau pabrik garment.

Potongan kain ini bisa digunakan untuk membuat tas, bantal dan berbagai kerajinan lain dari kain perca.

Modal awal untuk membuka usaha ini juga tidak terlalu banyak. Terlebih pemasarannya bisa menggunakan media sosial yang semakin memudahkan dalam berpromosi.

4. Aneka kerajinan dari kardus bekas

Manfaatkan kadus bekas yang menumpuk di gudang menjadi barang kreatif. Seperti tempat foto, kotak untuk kado, atau aneka miniatur mainan yang menarik.

Memang nilai jualnya tidak sebesar menjual kerajinan dari kaleng atau plastik bekas namun kerajinan tangan dari kardus ini memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Membuatnya pun tidak memerlukan banyak peralatan dan modal yang besar. peluang usaha ini juga cocok menjadi industri rumahan anda.

5. Kerajinan Tangan Pembuatan Bingkisan dari barang bekas

Salah satu peluang bisnis kerajinan yang diminati banyak orang adalah bisnis kerajinan untuk membuat kado dan bingkisan.

BACA JUGA:  Mau Laptop Multifungsi Terbaik? Inilah 10 Rekomendasi Laptop 2-in-1 Terbaik 2023!

Hal ini terutama berlaku untuk para konsumen yang membutuhkan jasa pembuat bingkisan pada hari-hari tertentu. Seperti hari raya Idul Fitri, hari kelulusan, hari raya natal dan pernikahan.

Itulah berbagai ide bisnis dari kerajinan tangan barang bekas. Semoga menginspirasi anda dalam mencari ide bisnis kreatif saat ini.

Baca juga: