Berapa Kapasitas Baterai iPhone 14? Ini Jawabannya

Kapasitas Baterai iPhone 14 jadi salah satu hal yang sering ditanyakan Netizen. Karena memang, pada Apple sendiri tidak menjelaskan secara detail saat peluncurannya.

Tapi, tentunya semua detail informasi mengenai produk terbaru Apple ini bisa diperoleh, termasuk untuk sektor baterainya. Seperti yang dilansir situs MacRumors, pada Senin (12/9/2022) lalu, informasi tersebut didapat dari database regulasi Cina.

Kapasitas Baterai iPhone 14

Kapasitas Baterai iPhone 14, Plus, Pro, Pro Max
Kapasitas Baterai iPhone 14, Plus, Pro, Pro Max

iPhone 14 sendiri diluncurkan dalam 4 model. 3 diantaranya memang mengalami peningkatan pada sektor baterai dibandingkan dengan seri sebelumnya, iPhone iPhone 13.

Yang menarik, iPhone 14 Pro Max memiliki kapasitas baterai yang sedikit kecil dibandingkan iPhone 13 Pro Max. Tentu ini akan diperdebatkan, karena seharusnya seri terbaru lebih baik dari yang lama.

Perbandingan Kapasitas Baterai iPhone 14 dan 13

Untuk lebih mudah membandingkan, bisa cek detail masing-masing kapasitas Baterai di bawah ini:

  • iPhone 14: 3.279 mAh
  • iPhone 14 Plus: 4.325 mAh
  • iPhone 14 Pro: 3.200 mAh
  • iPhone 14 Pro Max: 4.323 mAh

Sedangkan untuk seri iPhone 13,

  • iPhone 13 mini: 2.406 mAh
  • iPhone 13: 3.227 mAh
  • iPhone 13 Pro: 3,095 mAh
  • iPhone 13 Pro Max: 4.352 mAh

Selisih di antara keduanya memang tidak begitu signifikan, tidak sampai 200 mAh. Tapi yang menarik, varian Pro Max di seri iPhone 14 memilik kapasitas baterai yang lebih kecil 29 mAh dibandingkan iPhone 13.

Memang sangat kecil sekali sih. Tapi aneh saja, di seri terbarunya kapasitas baterai iPhone 14 Pro Max tidak mengalami peningkatan, malah penurunan.

Sumber data mengenai kapasitas baterai ini cukup akurat. Data berasal dari sumber yang sama yakni sumber yang memberikan informasi mengenai peluncuran iPhone 13 tahun lalu. Jadi, sudah bisa dipastikan informasi perbandingan kapasitas baterai ini benar.

Akun Twitter ShrimpApplePro juga sempat menyorot “kebocoran” informasi mengenai detail spesifikasi iPhone 14. Pada Juni lalu, akun tersebut memposting informasi yang didapat dari situs web China Weibo.

Dari informasi tersebut, Apple mengaku bahwa kapasitas baterai iPhone 14 di semua serinya memiliki “All Day Battery Life“. Yang artinya, baterai mampu bertahan untuk penggunaan dalam 1 hari.

Meski secara angka tidak mengalami peningkatan yang signifikan bahkan penurunan, kapasitas baterai iPhone 14 diklaim lebih baik. Dengan model yang sama, iPhone 14 bisa digunakan untuk memutar video secara offline 1 jam lebih lama dibandingkan dengan iPhone 13. Informasi ini juga tertulis di situs resmi Apple sendiri.

Pada seri iPhone 14, Apple kembali merilis model “Plus” yang menjadi trend pada seri iPhone 8 dan lebih lama. Sejak iPhone X, Apple tak lagi menggunakan model tersebut, namun kali ini di produknya yang terbaru Apple merilis model iPhone 14 Plus.

Apple juga mengklaim bahwa iPhone 14 Plus memiliki kemampuan daya tahan baterai yang terbaik di antara keempat model. Tapi, karena tidak ada yang setara dengan seri iPhone 13 jadi kita juga tidak bisa membandingkan kedua seri.

Setiap pengisian penuh daya, seri iPhone terbaru dengan model berkapasitas baterai terbaik ini mampu memutar video offline hingga 26 jam. Sedangkan untuk streaming alias pemutaran video online, perangkat mampu bertahan hingga 20 jam. Dan untuk pemutaran audio, kapasitas baterai iPhone 14 mampu bertahan hingga 100 jam.

Semua model iPhone sudah diumumkan langsung oleh Apple minggu lalu. Untuk pre-order sendiri sudah dibuka sejak 9 September 2022.

Perangkat akan diluncurkan secara resmi pada 16 September. Kecuali untuk seri iPhone 14 Plus yang baru akan tersedia pada 7 Oktober 2022 mendatang.