Beli MacBook Second
Beli MacBook Second

Beli MacBook Second Masih Worth It?

Beli MacBook Second menjadi pilihan beberapa pengguna untuk bisa menggunakan layanan Apple di PC. Memang sih, harganya yang mahal membuat kondisi bekas jadi alternatif untuk bisa membeli barang ini.

Perangkat laptop Apple ini memang berbeda dengan perangkat lainnya. Mungkin kamu sudah tak asing dengan Windows ataupun Linux. Yap, sistem operasi yang biasa dipakai pada perangkat komputer PC, baik laptop maupun PC desktop. Nah, kalau MacBook pakai Macintosh milik Apple.

Sebenarnya sih setiap OS punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi sebagian pengguna lebih nyaman dengan MacBook. Terutama untuk keperluan kerja seperti edit video, desain grafis, hingga pemrograman.

Beli MacBook Second

Tau nggak berapa harganya? MacBook Pro M1 14 Inci keluaran 2021 dengan kondisi baru dibanderol 31 jutaan rupah! Tentu nominal ini hanya bisa dijangkau kalangan tertentu saja.

Kalau cari laptop “biasa”, maksudnya bukan MacBook, 10 jutaan mungkin sudah bisa dapat yang lumayan bagus. Apalagi kalau rakit PC.

Nah, beli MacBook jadi alternatif untuk kamu yang ingin punya laptop Apple ini tapi budget terbatas. Tapi apakah masih worth it kalau beli second? Masih bisa enak dipakai kerja gak nih?

Kali ini jagoangadget.com akan membagikan pengalaman dan opini netizen mengenai beli MacBook Second. Mungkin ini juga bisa jadi pertimbangan kamu apakah layak untuk dibeli atau tidak MacBook kondisi bekas.

Opini & Pengalaman Beli MacBook Second

Pada sebuah forum, ada salah satu netizen yang menuliskan pendapatnya tentang MacBook second.

Apa Beli MacBook Second Worth It
Apa Beli MacBook Second Worth It?

Justru rerata kawan-kawan saya (sesama programmer), kebanyakan menggunakan macbook dengan tahun yang tidak terbaru, dan kebanyakan juga beli bekas. Di tahun 2018 beli yang 2016. Ada juga yang masih pakai tahun lebih lama.

Yang penting sih tahunnya. Jangan terlalu jauh-jauh. Beda 2–3 tahun wajar lah. Tapi kalau mau beli yang 2012 di 2020, saya rasa hanya akan buang uang. Dan mungkin akan sulit juga diajak berkompromi dengan aplikasi-aplikasi yang relatif berat.

Kedua, kondisinya. Wajib cek kondisi dengan ketat, baik kondisi luar maupun dalam semuanya harus dalam kondisi yang prima. Kalau misalnya belum pernah pegang macbook, belum ngerti masalah-masalahnya, mungkin bisa mengajak kawan yang sudah punya pengalaman.

Tapi, jika uang bukan menjadi masalah, ya tidak ada salahnya untuk beli yang terbaru. Pengalaman amboksing itu mahal lho, apalagi amboksing mekbuk.

Oh iya, jawaban ini hanya sebatas untuk yang Pro, kurang tahu kalau yang Air.

Kesimpulan untuk Beli MacBook Second

Dari tulisan tersebut, mungkin bisa diambil kesimpulan kalau beli MacBook kondisi bekas bisa worth it kalau spesifikasinya masih bisa mengikuti perkembangan yang ada. Paling tidak kamu cari MacBook keluaran 2-3 tahun sebelumnya, atau minimal 5 tahun juga masih bisa lah.

Selain kondisinya, spesifikasi tentu sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kalau di tahun 2022 ini kamu beli MacBook keluaran 2012. Tentu kurang worth it untuk dipakai kerja ataupun hal lainnya.

Kalau kamu mau cari-cari MacBook bekas, bisa cek harganya di tombol berikut ini: