Yakin Beli iPhone tanpa Dapat Update iOS?

Bagaimana jadinya iPhone tanpa Dapat update iOS? Pembaruan sistem memang terjadi pada perangkat teknologi termasuk smartphone. Dengan pembaruan ini, perangkat mampu beradaptasi dengan fitur, layanan, aplikasi yang terus berkembang.

iPhone memang menjadi salah satu produk smartphone paling diminati di Indoneisa, terutama di kalangan anak muda. Mungkin Sobat bisa mampir di artikel Kenapa iPhone Mahal tapi Laku? Yap, produk Apple memang dikenal harganya yang relatif mahal dibandingkan HP Android. Salah satu alasan utamanya adalah Apple memang hanya merilis HP Flagship di kisaran harga yang tinggi.

Salah satu solusi bagi orang yang ingin pakai iPhone tapi terkendala budget adalah dengan beli kondisi second alias bekas. Seperti barang elektronik pada umumnya, tentu harga akan turun kalau kondisi bekas. Apalagi kalau sudah keluar seri terbarunya.

Beli iPhone tanpa Dapat Update

Mungkin kamu juga tertarik dengan:

iPhone Lawas Tidak Dapat Update iOS

Apple memang menjamin bahwa sebuah perangkat akan mendapatkan dukungan pembaruan sistem hingga 5 tahun ke depan. Yang artinya kalau kamu beli sebuah perangkat iPhone di saat baru rilis, kamu tidak perlu khawatir karena hingga 5 tahun akan tetap bisa dapat update sistem operasi.

Lalu bagaimana setelah 5 tahun? Kemungkinan iPhone tanpa dapat update iOS. Sebenarnya perangkat bisa saja masih mendapatkan pembaruan iOS. Akan tetapi, pihak Apple mungkin memang sudah memperkirakan kemampuan produknya. Dengan perkembangan fitur teknologi, perangkat diperkirakan sudah tidak dapat menangani sistem yang ada.

BACA JUGA:  5 Tips Belajar Usaha Sampingan

Memang, teknologi fitur yang lebih canggih memerlukan perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, untuk menjaga kenyamanan pengguna pihak Apple membatasi pembaruan iOS pada perangkat iPhone.

Mungkin kasarnya Apple nyuruh kamu buat ganti iPhone yang lebih baru untuk menikmati fitur terbaru. Tapi memang kalau perangkat sudah tidak mendukung fitur baru tapi dipaksakan pasti akan mengalami kendala. Seperti lemot bahkan ngehang.

Dampak iPhone tanpa Dapat Update iOS Terbaru

Update iOS iPhone 5

Kalau iphone tanpa dapat update iOS alias tidak bisa diupdate ke versi iOS terbaru dampak utamanya adalah tidak berjalannya berbagai fitur dan aplikasi yang ada. Karena fitur dan aplikasi terbaru biasanya juga sudah menggunakan sistem yang baru pula. Sehingga agar bisa berjalan dengan baik dibutuhkan perangkat dengan sistem yang terbaru.

Tidak selalu sih perangkat yang tidak dapat update terbaru akan kena dampak seperti ini. Biasanya perangkat dengan versi iOS yang terlalu lama yang akan mengalami kendala ini.

Ada pengalaman yang dibagikan oleh salah satu Sobat Gadget kepada jagoangadget.com terkait perangkat lawasnya. Yakni iPhone tanpa dapat update iOS. Di mana iPhone 5C rilisan 2013 menjadi perangkat miliknya, sudah hampir 10 tahun pemakaian. Pada perangkat ini versi sistem yang terakhir adalah iOS 10.3.3, dan tidak mendapatkan pembaruan lagi. Yang mana versi iOS sekarang yang terbaru adalah iOS 15.6. Bahkan dalam waktu dekat versi iOS 16 akan rilis.

Sebenarnya, dari segi spesifikasi perangkat ini harusnya masih mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi terbaru. Akan tetapi, versi sistem operasi lawasnya tidak lagi mendukung untuk fitur yang ada. Alhasil, ada beberapa kendala yang dialami ketika menggunakan iPhone 5C ini.

BACA JUGA:  Konsep Metaverse Facebook Sudah Diterapkan di Kehidupan Kita

Tidak Bisa Download dan Buka Aplikasi

Salah satu contoh kendala pada penggunaan iPhone tanpa dapat update iOS 5C ini adalah perangkat tidak lagi bisa menjalankan berberapa aplikasi. Salah satunya YouTube, yang mana memang sejak 2013 hingga sekarang aplikasi YouTube mengalami berbagai pembaruan fitur.

Bagi perangkat yang sudah memiliki aplikasi YouTube sebelumnya, tidak akan bisa membukanya di iPhone 5C. Akan muncul pemberitahuan agar memperbaruhi iOS. Padahal sudah tidak bisa diupdate lagi. Kalau dicari di Appstore, aplikasi YouTube tidak akan muncul atau kalaupun muncul tidak akan bisa didownload.

Dampak lainnya dari tidak adanya pembaruan iOS adalah pada aplikasi Google Maps. Sama seperti kasus YouTube, aplikasi GMaps Tidak lagi bisa dibuka.

Solusi untuk iPhone 5C tidak bisa Buka YouTube dan Google Maps

Ketidakmampuan perangkat untuk menjalankan kedua aplikasi yang sering digunakan ini, membuat pengguna harus memutar otak. Untuk menikmati konten YouTube di iPhone tanpa dapat update iOS 5C, pengguna harus membuka situs YouTube melalui browser Safari. Cukup ribet ya, kalau di HP tentunya lebih nyaman nonton YouTube di aplikasinya.

Sedangkan untuk navigasi, pengguna harus puas dengan aplikasi Maps dari Apple. Meskipun fungsinya sama, tapi tentu kita sudah terbiasa dan lebih nyaman pakai GMaps.

Diluar kendala yang ada, pemilik masih cukup puas dengan performa dari perangkat iPhone 5C nya ini. Untuk penggunaan sehari-hari, tidak ada kendala lain selain tidak adanya pembaruan sistem. Mungkin HP nya juga memang terawat meskipun dipakai sejak 2013.

Akhir Kata

Jadi apakah worth it beli iPhone tanpa dapat update iOS? Jawabannya adalah tergantung, keluaran tahun berapa. Untuk iPhone 5C sendiri memang rasanya sudah terlampau jadul ya. Jadi memang sudah tidak layak pakai kalau kamu ingin menikmatif fitur smartphone terbaru era ini.

BACA JUGA:  7 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Meskipun sudah lebih dari 5 tahun, ada beberapa perangkat iPhone yang masih mendapatkan pembaruan sistem seperti iPhone 6S ataupun iPhone 7. Tapi, amannya kamu cari iPhone yang umurnya di bawah 5 tahun lah agar masih bisa mendapatkan update dan dipakai untuk 2-3 tahun ke depan.

Misalnya iPhone 8 rilisan 2017. Meskipun termasuk iPhone tanpa dapat update ios versi terbaru, setidaknya masih cukup aman dipakai 3 tahun ke depan.