Beli iPhone Second Apa Saja yang Harus Dicek?

 Beli iPhone Second Apa Saja yang Harus Dicek? Kalau budget tidak cukup untuk beli HP baru, kebanyakan orang memilih untuk beli HP second alias bekas. Apalagi seperti iPhone, yang tentu kita tahu tidak ada iPhone yang “murah”.

Tidak ada salahnya sih kalau mau beli iPhone second. Karena tentu iPhone bekas seri lama harganya lebih mudah daripada keluaran yang terbaru dengan kondisi baru. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli iPhone bekas. Beberapa artikel berikut mungkin bisa membantu kamu untuk refrensi ketika ingin beli iPhone second.

Artikel di atas membahas beberapa iPhone seri lama, yang harganya cocok untuk kamu yang sedang cari iPhone dengan harga murah. Tapi apakah iPhone keluaran lama kualitasnya masih layak? Nah, semuanya kita bahas pada artikel tersebut.

Hal yang Harus Dicek Sebelum Beli iPhone Second

Selain memilih dan memilah seri iPhone lama apa saja yang masih layak untuk dibeli, ketika beli iPhone second ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti membeli HP second pada umumnya, kita harus cek kondisi dan sebagainya. Akan tetapi, iPhone memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki HP lainnya.

Beli iPhone Second apa saja yang harus dicek

Beli iPhone Second Apa saja yang Harus Dicek?

Nah, berikut ini JagoanGadget.com akan membagikan informasi mengenai apa saja yang harus dicek ketika kita beli iPhone Bekas.

1. Pastikan Akun iCloud Kosong

Hal yang paling penting untuk dicek ketika beli iPhone Second adalah perangkat sudah bebas dari akun iCloud. Kamu bisa cek melalui pengaturan, kemudian menu iCloud. Pastikan sudah kosong dan tersedia untuk log in dengan akun yang baru. Kalau masih terkait dengan akun iCloud, minta penjual untuk log out akun tersebut.

iCloud merupakan fitur yang dimiliki iPhone yang salah satu fungsinya adalah keamanan. Ketika iPhone hilang, jatuh, atau dicuri, pemilik bisa mengunci dan melacak keberadaan iPhone miliknya dengan iCloud. Ini menjadi salah satu Alasan Kenapa Orang Pilih iPhone, karena keamanannya yang terjamin.

Nah, iCloud ini tidak bisa dihapus atau dihilangkan kecuali log out. Tentu akan repot kalau kita beli iPhone masih terkait dengan iCloud yang kita tidak tahu passwordnya.

2. Cek Kondisi Fisik iPhone

Meskipun beli iPhone second, tentu kita juga ingin dong dapat barang yang masih bagus dan mulus fisiknya. Karena itu, saat beli iPhone second yang kita harus cek adalah kondisi fisik dari barang. Apakah ada goresan atau cacat pada fisiknya.

Sebenarnya kalau hanya goresan atau sekedar cacat fisik sih tidak masalah. Ya, namanya juga barang bekas tentu ada kekurangannya. Apalagi, biasanya penjual akan memberikan diskon alias harga jika memang ada ketidaksempuranaan pada fisik. Tidak masalah sih selama tidak pengaruh dengan fungsi alias masih normal.

3. Cek Fungsi iPhone Apakah Semua Normal

Selain iCloud, hal yang paling penting saat kita beli iPhone second adalah cek semua fungsinya apakan bekerja dengan normal. Tentu kita tidak mau dong, beli iPhone second tapi ada kendala saat memakainya.

Beberapa hal yang biasanya sering di cek pada iPhone Second: 

  • Sinyal (Jaringan)
  • IMEI
  • Layar
  • Kamera
  • Sensor
  • Speaker

Mungkin kalau sudah biasa beli HP second sudah paham apa saja yang harus dicek sebelum membeli. Semua yang berkaitan dengan fungsi HP harus kita cek. Mulai dari sinyal, kondisi layar dan touchscreen, kamera, sensor-sensor, hingga speaker. Begitu juga pada iPhone second, untuk mengeceknya kamu bisa gunakan kode 3001#12345# untuk melakukan tes.

Mungkin ada 1 hal lagi yang perlu kami ingatkan, yakni cek ketersediaan IMEI. Pada artikel sebelumnya, di Cara Mengatasi IMEI yang Diblokir, banyak kasus iPhone Tiada Layanan atau Sinyal karena memang IMEI diblokir pemerintah karena adanya kebijakan baru.

Untuk itu, kamu harus cek terlebih dahulu IMEInya dengan kode *#06# dan ikuti langkah yang ada di artikel Cara Cek IMEI Terblokir atau Tidak. Atau paling mudah, coba saja gunakan SIM Card. Kalau memang sinyal muncul, berarti tidak ada masalah. Tapi kalau ada kendala pada sinyal, kemungkinan besar IMEI terblokir dan kamu harus mengeluarkan biaya lagi untuk menggunakan Jasa Unblock IMEI.

4. Cek Kelengkapan Aksesoris

Mengingat aksesoris iPhone yang original cukup mahal, ketika membeli iPhone second pastikan semua aksesoris tersedia lengkap. Karena kalau harus beli, tentu kamu harus merogoh kocek cukup dalam. Dan ingat, jangan pakai aksesoris yang tidak original karena bisa merusak perangkat.

Kecuali memang sebelumnya penjual sudah menginformasikan mengenai kondisi kelengkapannya. Kalau ada yang kurang, biasanya penjual menawarkan harga yang sudah disesuaikan.

5. Cek Garansi iPhone

Meskipun kondisi iPhone second dan kemungkinan garansinya sudah habis, tapi perlu juga kamu cek garansi dari iPhone tersebut. Berkaitan dengan masalah IMEI diblokir, kebanyakan yang bermasalah adalah iPhone Garansi Internasional, garansi toko, ataupun distributor.

Disarankan untuk membeli iPhone second dengan bekas garansi resmi, seperti iBox. Meskipun mungkin masa garansinya habis dan tidak bisa lagi kamu gunakan, setidaknya kualitas barang dari garansi resmi lebih terjamin.

Akhir Kata

Nah, jadi penjelasan di atas mungkin sudah bisa menjawab pertanyaan Beli iPhone Second Apa saja yang Harus Dicek? Seperti beli barang bekas pada umumnya, kita harus cek mengenai kondisi dan fungsi barang. Apakah masih bagus dan bisa dipakai dengan normal.

Tapi, untuk perangkat iPhone second ada beberapa hal lain yang perlu dicek. Yang pertama dan paling penting adalah iCloud. Pastikan beli iPhone second yang sudah tidak ada akun iCloud yang terkait. Kemudian ketersediaan IMEI yang sudah kita bahas di atas. Garansi juga mungkin perlu kamu tanyakan, apakah sebelumnya iPhone second bergaransi resmi atau yang lain. Akan lebih baik kalau Kita Pilih iPhone second yang bekas bergaransi resmi.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓