Apa sih Bedanya Pinjol Legal dan Ilegal?

Beda Pinjol Legal dan Ilegal – Pinjaman Online atau yang biasa kita sebut Pinjol, bisa dibagi menjadi 2 menurut status legalitasnya. Ada Pinjol Legal dan ada juga Pinjol Ilegal.

Dari namanya saja kita sudah tau. Pinjol Legal adalah perusahaan jasa keuangan yang menawarkan layanan pinjaman uang berbasis teknologi yang sudah memiliki izin untuk beroperasi.

Sedangkan Pinjol Ilegal, merupakan perusahaan jasa keuangan yang beroperasi tanpa izin.

Izin dari siapa? Tentunya dari OJK sebagai lembaga negara yang menjadi regulator seluruh jasa keuangan yang beroperasi di Indonesia.

Pinjol memang bisa membantu saat kita membutuhkan dana mendesak. Tapi, kalau kita meminjam di aplikasi Pinjol Ilegal, bukannya membantu malah bisa menambah masalah.

Karena penawaran dari Pinjol Ilegal seperti bunga pinjaman, denda keterlambatan, tenor pinjaman lebih cenderung merugikan nasabah.

Jadi, Sobat perlu tahu Beda Pinjol Legal dan Ilegal, sebelum mengajukan pinjaman di Pijol.

Beda Pinjol Legal dan Ilegal

Perbedaan utama Pinjol Legal dan Ilegal seperti yang sudah kita bahas diatas, yakni pada status legalitasnya. Pinjol Legal memiliki izin, sedangkan Pinjol Ilegal tidak memiliki izin.

Sobat mungkin bisa mampir ke artikel “Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal“, sehingga bisa mengetahui legalitas sebuah aplikasi pinjaman online.

Ciri-Ciri Pinjol Legal dan Ilegal

Sebelum lanjut membahas beda Pinjol Legal dan Ilegal, mungkin lebih baik kita membahas ciri-cirinya dulu. Untuk ciri-ciri Pinjol sebenarnya sudah kita bahas secara detail pada artikel sebelumnya.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓