Penting! Ini Batas Waktu Main HP untuk Anak

Batas waktu main HP memang perlu ditentukan, apalagi untuk anak di bawah umur. Bahkan, bermain HP berlebih juga memiliki dampak yang negatif bagi orang dewasa. Kita juga tidak bisa begitu saja menjauhkan ponsel pintar dari kehidupan kita di era digital ini.

Anak main smartphone sebenarnya tidak ada salahnya juga, yang penting kita harus mengawasi konten-konten yang diakses. Manajemen waktu juga sangat penting dalam penggunaan agar tidak ada dampak negatif Handphone untuk kesehatan yang dialami.

Batas Waktu Main HP untuk Anak

Sebelumnya, mungkin ada satu hal yang perlu dipahami terlebih dahulu. Yakni menjawab pertanyaan mulai kapan sih anak boleh main HP? Memang, tidak ada aturan yang tertulis secara pasti mengenai usia berapa anaka mulai diperbolehkan main HP.

Akan tetapi, penting juga untuk membatasi usia anak untuk bermain HP. Karena jika anak diberi HP terlalu dini, maka akibat negatif bisa lebih buruk.

Kapan Anak Boleh Main HP?

Paling tidak anak harus berusia 2 tahun untuk dikenalkan dengan gadget. Tapi ingat, pada usia dini penggunaan smartphone anak juga harus lebih diperhatikan. Bukan hanya batas waktu main HP nya saja, tapi juga bagaimana si anak bermain HP.

Pada usia balita, mungkin yang bisa diberikan kepada anak melalui smartphone hanya sebatas tontonan saja. Seperti misal streaming video anak di YouTube ataupun platform lainnya.

Selain itu, batas waktu main HP untuk anak di usia balita adalah maksimal 1 jam per hari. Dan yang paling penting, jaga jarak HP dengan anak jangan sampai terlalu dekat agar kesehatan mata tidak terganggu.

Kapan Anak Boleh Main HP Sendiri?

Mungkin, akan lebih baik jika anak diperbolehkan untuk mengakses HP atau smartphone sendiri di usia paling tidak 7 tahun. Tentu masih tetap dalam pengawasan.

Pada usia ini anak memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Apalagi di zaman sekarang, hampir semua orang selalu menggunakan HP yang bisa membuat anak penasaran. Tidak ada salahnya jika mulai mengenalkan gadget pada anak.

Akan tetapi, penggunaan HP pada anak tetap harus dalam pengawasan. Bukan cuma batas waktu main HP nya saja, tapi juga konten yang diakses.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓