Dari Nol Hingga Jago! 10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android

10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android
10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android

Daftar Isi

Menjadi mahir dalam berbahasa asing kini lebih mudah dari sebelumnya, terutama dengan bantuan teknologi. Jika Anda tertarik untuk belajar Bahasa Jepang, Android adalah teman terbaik Anda. Di artikel ini, kami akan mengulas sepuluh aplikasi terbaik yang akan membantu Anda menguasai Bahasa Jepang dengan cepat dan menyenangkan. Jadi, siapkan diri Anda untuk merangkak dari pemula hingga ahli dalam dunia Bahasa Jepang!

10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android
10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android

 

10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android

1. Duolingo: Belajar Bahasa Jepang dengan Mudah

Inilah Aplikasi yang Membuat Belajar Menjadi Permainan!

Duolingo adalah aplikasi belajar yang sangat populer, dan tidak hanya dalam Bahasa Inggris. Dengan tampilan yang bersahabat dan pendekatan belajar yang interaktif, Duolingo membawa Anda melalui serangkaian pelajaran dengan meningkatkan tingkat kesulitan seiring perjalanan. Jika Anda mencari cara yang menyenangkan untuk membangun dasar Bahasa Jepang, ini adalah pilihan yang luar biasa.

 

2. Memrise: Pelajari Kosakata dengan Cepat

Menguasai Kata dan Frasa dengan Lebih Mudah

Memrise adalah aplikasi yang fokus pada memperluas kosakata Anda. Mereka memiliki pendekatan yang unik dengan menggabungkan pengulangan, gamifikasi, dan teknik memorisasi yang efektif. Dari kata sapaan hingga ungkapan umum, Memrise akan membantu Anda mengingat setiap detail penting.

 

3. Tandem: Praktikkan dengan Penutur Asli

Belajar dengan Percakapan Sehari-hari

Tandem membawa belajar Bahasa Jepang ke level berikutnya dengan menghubungkan Anda dengan penutur asli. Anda bisa berbicara langsung dengan mereka melalui pesan teks, panggilan suara, atau bahkan obrolan video. Ini adalah cara hebat untuk melatih pendengaran, berbicara, dan mendapatkan wawasan budaya langsung dari sumbernya.

BACA JUGA:  Aplikasi Terbaru Android 2016

 

4. Kanji Study: Melek Huruf Kanji

Menguasai Tanda Tulisan Piktograf Jepang

Belajar huruf Kanji bisa menjadi tantangan tersendiri, tetapi dengan Kanji Study, Anda dapat mempelajarinya dengan lebih terorganisir. Aplikasi ini membagi Kanji menjadi level-level yang sesuai dengan tingkat pemahaman Anda. Ini juga dilengkapi dengan berbagai latihan menarik yang akan membantu Anda memahami dan mengingat Kanji dengan lebih baik.

 

5. JapanesePod101: Podcast Edukatif

Pelajaran Audio yang Mengasyikkan

JapanesePod101 menawarkan pelajaran dalam bentuk podcast yang bisa Anda dengarkan di mana saja. Mereka menawarkan berbagai tingkat kesulitan, dari pemula hingga mahir, dan topik yang beragam. Dengan pendekatan audio, Anda dapat memperbaiki kemampuan pendengaran dan pemahaman Anda tentang Bahasa Jepang.

 

6. AnkiDroid: Kartu Flash Interaktif

Metode Kuno dengan Sentuhan Modern

AnkiDroid membawa konsep kartu flash ke era digital. Anda dapat membuat kartu flash sendiri atau mengunduh yang sudah ada dari komunitas. Aplikasi ini memanfaatkan konsep pengulangan berulang dengan peningkatan interval, sehingga memungkinkan Anda mengingat informasi dengan lebih efektif.

 

7. HelloTalk: Belajar melalui Obrolan

Sosial Media untuk Belajar Bahasa

“HelloTalk” adalah aplikasi yang unik karena fokus pada belajar Bahasa Jepang melalui interaksi dengan penutur asli. Ini adalah platform komunikasi yang memungkinkan Anda berbicara dan berinteraksi langsung dengan penutur asli Bahasa Jepang.

Fitur Utama:

  • Obrolan dengan Penutur Asli: Aplikasi ini memungkinkan Anda berbicara dan berinteraksi dengan penutur asli Bahasa Jepang. Anda dapat mempraktikkan kemampuan berbicara Anda secara langsung, meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam komunikasi.
  • Koreksi dan Umpan Balik: Ketika Anda berbicara dengan penutur asli, Anda dapat meminta mereka untuk memeriksa dan mengoreksi kalimat-kalimat Anda. Ini membantu Anda memperbaiki kesalahan dan memahami konsep tata bahasa dengan lebih baik.
  • Pertemanan Budaya: Selain belajar Bahasa Jepang, “HelloTalk” juga membantu Anda memahami budaya Jepang melalui interaksi dengan penutur asli. Anda dapat berbagi pengalaman, cerita, dan pandangan hidup.
  • Pengaturan Keterampilan Bahasa: Aplikasi ini memungkinkan Anda menentukan tingkat keterampilan Bahasa Jepang Anda, sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan mereka yang sejajar dengan tingkat Anda.
  • Catatan Percakapan: Anda dapat mencatat percakapan yang berharga atau koreksi yang diberikan oleh penutur asli. Ini membantu Anda melacak perkembangan dan referensi untuk belajar lebih lanjut.
  • Pilihan Bahasa Lain: Selain Bahasa Jepang, “HelloTalk” juga mendukung berbagai bahasa lainnya. Ini cocok jika Anda ingin belajar beberapa bahasa sekaligus.
BACA JUGA:  Download Aplikasi Lazada Bayar Ditempat 2022

 

8. Human Japanese: Pembelajaran Komprehensif

Mendalami Dasar-dasar Bahasa Jepang

“Human Japanese” adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memahami dasar-dasar Bahasa Jepang dengan cara yang mendalam dan informatif. Aplikasi ini cocok bagi mereka yang ingin membangun dasar yang kuat dalam memahami struktur dan elemen-elemen Bahasa Jepang.

Fitur Unggulan:

  • Penjelasan yang Mendalam: Aplikasi ini memberikan penjelasan yang mendalam tentang berbagai aspek Bahasa Jepang, termasuk tata bahasa, kosakata, dan budaya. Anda akan memahami dasar-dasar dengan lebih baik.
  • Ilustrasi dan Contoh: Penjelasan dalam “Human Japanese” didukung dengan ilustrasi dan contoh-contoh yang membantu Anda menghubungkan konsep dengan situasi dunia nyata.
  • Keterlibatan Budaya: Selain aspek linguistik, aplikasi ini juga membahas tentang budaya Jepang. Anda akan memperoleh wawasan tentang tata krama, adat istiadat, dan nilai-nilai yang mendasari Bahasa Jepang.
  • Ujian dan Latihan: Aplikasi ini menyediakan tes dan latihan-latihan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi yang diajarkan. Ini membantu Anda melihat sejauh mana kemajuan belajar Anda.
  • Pronunciasi dan Pendengaran: “Human Japanese” juga memperhatikan aspek pendengaran dan pelafalan dengan menyertakan audio pengucapan yang jelas.
  • Penggunaan dalam Konteks: Aplikasi ini membantu Anda memahami bagaimana kata-kata dan frasa digunakan dalam konteks kalimat sehari-hari.
  • Pemahaman Konsep yang Rumit: Aplikasi ini tidak hanya berfokus pada konsep dasar, tetapi juga menjelaskan konsep yang lebih kompleks, memungkinkan Anda memperdalam pemahaman Anda tentang Bahasa Jepang.

 

9. Obenkyo: Pelajaran Lengkap dalam Satu Aplikasi

Semua yang Anda Butuhkan dalam Satu Tempat

“Obenkyo” adalah teman terbaik bagi mereka yang ingin belajar Bahasa Jepang secara komprehensif dan terstruktur. Aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur yang mencakup semua aspek penting pembelajaran Bahasa Jepang.

Fitur Unggulan:

  • Belajar Huruf Hiragana dan Katakana: Aplikasi ini memulai perjalanan belajar Anda dengan huruf-huruf dasar, hiragana, dan katakana. Anda akan belajar bagaimana membaca dan menulis karakter-karakter ini dengan tepat.
  • Kosakata dan Kanji: “Obenkyo” tidak hanya memberikan pelajaran huruf, tetapi juga membantu memperkaya kosakata Anda. Anda akan mempelajari arti, pengucapan, dan penggunaan dalam kalimat dari banyak kata dalam Bahasa Jepang.
  • Tata Bahasa dan Latihan: Aplikasi ini memberikan penjelasan tentang tata bahasa dan struktur kalimat dalam Bahasa Jepang. Anda akan menemukan latihan-latihan yang membantu Anda memahami konsep tata bahasa dengan lebih baik.
  • Pemantauan Kemajuan: Dengan fitur ini, Anda dapat melihat bagaimana kemajuan belajar Anda dari waktu ke waktu. Anda akan tahu di mana Anda telah berhasil dan di mana Anda mungkin perlu bekerja lebih keras.
  • Pengucapan yang Jelas: “Obenkyo” menyediakan audio pengucapan yang membantu Anda belajar cara melafalkan kata-kata dengan benar. Ini membantu Anda mengembangkan kemampuan pendengaran dan berbicara yang lebih baik.
  • Latihan Menarik: Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis latihan yang interaktif dan menarik. Ini mencakup berbagai cara belajar, seperti mengisi celah, mencocokkan kata, dan lainnya.
  • Kategori Beragam: Anda dapat memilih kategori pembelajaran yang sesuai minat atau kebutuhan Anda, termasuk topik seperti makanan, transportasi, dan lainnya.
BACA JUGA:  10 Download Tema WA iPhone untuk Android Terbaru

 

10. Drops: Belajar dengan Visual Menarik

Kosakata dalam Bentuk Ilustrasi Cantik

Jika Anda mencari cara yang inovatif dan menarik untuk memperkaya kosakata Bahasa Jepang Anda, “Drops” adalah jawabannya. Aplikasi ini menghadirkan pendekatan belajar yang berbeda dengan memanfaatkan visual yang mengesankan.

Keistimewaan “Drops”:

  • Gamifikasi yang Menghibur: “Drops” menghadirkan pembelajaran dalam bentuk permainan. Anda memiliki waktu terbatas untuk memilih jawaban yang benar, sehingga membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan mengasyikkan.
  • Visual Menarik: Salah satu fitur unik dari “Drops” adalah penggunaan visual yang menarik. Setiap kata atau frasa Bahasa Jepang disajikan dengan gambar yang relevan. Ini membantu otak Anda mengaitkan kata-kata dengan gambar, mempercepat proses pembelajaran.
  • Pembagian dalam Kategori: Aplikasi ini memiliki berbagai kategori kosakata, seperti makanan, pakaian, alam, dan lain-lain. Anda dapat memilih kategori yang sesuai minat atau kebutuhan Anda, sehingga belajar lebih fokus dan terarah.
  • Pengulangan yang Efektif: “Drops” menerapkan metode pengulangan yang efektif. Anda akan diberikan latihan yang teratur untuk memastikan bahwa kosakata yang dipelajari tetap teringat dalam ingatan Anda.
  • Pelatihan Pendengaran: Setiap kata disertai dengan audio pengucapan yang jelas. Ini membantu Anda belajar bagaimana mengucapkan kata-kata dengan benar dan meningkatkan kemampuan pendengaran Anda.
  • Sesuaikan Waktu Belajar: Dengan pilihan sesi belajar 5 menit, “Drops” cocok digunakan saat istirahat, dalam perjalanan, atau di waktu senggang. Ini memungkinkan Anda memanfaatkan waktu dengan efisien.
10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android
10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android

 

FAQ – 10 Aplikasi Bahasa Jepang di Android

1. Apakah semua aplikasi ini gratis?

Sebagian besar aplikasi menawarkan model freemium, dengan pilihan untuk meningkatkan ke versi berbayar untuk fitur tambahan.

2. Bisakah saya menggunakan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan?

Tentu saja! Mengombinasikan beberapa aplikasi bisa membantu memperkaya pendekatan belajar Anda.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mahir dalam Bahasa Jepang?

Ini bervariasi tergantung pada tingkat komitmen dan waktu yang Anda alokasikan. Konsistensi adalah kunci.

4. Apakah saya perlu belajar huruf Kanji?

Huruf Kanji adalah bagian penting dari Bahasa Jepang. Meskipun bisa menjadi tantangan, belajar Kanji akan memperluas pemahaman Anda.

5. Apakah aplikasi-aplikasi ini cocok untuk pemula?

Ya, sebagian besar aplikasi ini dirancang untuk pemula dan menawarkan pendekatan belajar yang terstruktur.

6. Apakah saya perlu memiliki pengetahuan dasar sebelum menggunakan aplikasi ini?

Tidak, banyak aplikasi ini cocok untuk pemula mutlak dan akan membantu Anda membangun dasar dari awal.

7. Bagaimana saya bisa memastikan bahwa saya berkembang dalam belajar Bahasa Jepang?

Tetaplah konsisten, gunakan berbagai sumber, dan berinteraksi dengan penutur asli jika memungkinkan.

8. Apakah saya perlu mengunjungi Jepang untuk belajar Bahasa Jepang?

Meskipun berada di lingkungan bahasa target bisa membantu, aplikasi ini dapat memberi Anda dasar yang kuat tanpa harus pergi ke Jepang.

9. Bagaimana cara terbaik untuk mengingat huruf Kanji?

Mengulang-ulang dan mengintegrasikan Kanji dalam konteks kalimat adalah metode efektif.

10. Bisakah saya mengunduh pelajaran untuk belajar offline?

Ya, banyak aplikasi memungkinkan Anda mengunduh konten untuk digunakan saat offline.

Kesimpulan

Belajar Bahasa Jepang tidak pernah semudah ini dengan berbagai aplikasi yang tersedia di platform Android. Dari belajar kosakata hingga melatih percakapan dengan penutur asli, pilihan tidak terbatas. Pilihlah beberapa aplikasi yang sesuai dengan gaya belajar Anda dan jangan ragu untuk mencoba kombinasi yang berbeda. Tetaplah konsisten dan nikmati perjalanan Anda dalam memahami dan menguasai Bahasa Jepang. Selamat belajar!