Pinjol  

Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar? Simak Penjelasannya

Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar Featured Images
Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar Featured Images

Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar? Pertanyaan yang sering muncul dari orang-orang yang terlanjur pakai aplikasi Pinjol Ilegal. Memang serba salah sih, mau gak dibayar takut dikejar-kejar, dibayar tapi bunga dan dendanya sangat tinggi.

Oleh karena itulah, jagoangadget.com sendiri selalu mengingatkan Sobat sekalian agar menghindari Pinjol Ilegal. Kalau sedang ada kebutuhan mendesak, mending cari dari orang-orang terdekat dulu deh. Jangan sampai kamu ambil pinjaman dari aplikasi ilegal. Cek artikel lainnya terkait topik ini di kategori: Pinjol.

Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar?

Memang susah sih kalau kita dalam kondisi butuh uang mendesak. Tidak ada tabungan, aset yang bisa dijual sudah habis. Satu-satunya yang bisa diambil adalah meminjam uang.

Bagi yang punya kesempatan untuk pinjam ke individu, kerabat atau saudara, mungkin bisa jadi pilihan yang lebih baik. Akan tetapi, tidak semua punya kenalan yang setiap saat bisa bantu. Tentunya setiap orang juga punya kebutuhannya masing-masing.

Alternatif lainnya ya pinjam ke jasa atau lembaga keuangan, seperti Bank misalnya. Tapi tentunya ada bunga dan peraturan lain yang lebih ketat. Persyaratan juga harus lengkap kalau kamu mau pinjam uang di bank. Belum lagi prosesnya yang juga cukup panjang.

Di era digital ini, ada sebuah solusi untuk masalah keuangan. Yakni Fintech atau yang lebih akrab dengan aplikasi Pinjol. Sebuah layanan jasa keuangan yang dihadirkan dalam bentuk aplikasi. Di sini kamu bisa mendapatkan pinjaman uang tunai secara online dengan cepat dan mudah.

Perlu kamu ketahui, saat ini ada banyak sekali aplikasi Pinjol yang beredar. Sebagian resmi dan legal, punya izin untuk beroperasi sekaligus harus menaati peraturan yang ada. Sebagian lainnya ilegal, tidak terdaftar di OJK dan tentu kebijakan yang diterapkan tidak menaati peraturan. Cek selengkapnya di “Apa sih Bedanya Pinjol Legal dan Ilegal?

Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar
Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar

Contohnya untuk masalah bunga, ada aturan dalam penerapan bunga pada setiap pinjaman yang ditawarkan Pinjol legal. OJK membatasi bunga sebesar 0,3% hingga 0,46% per hari. Karena tidak ikut peraturan, penerapan bunga Pinjol ilegal tentu bisa lebih dari itu.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Pinjol Tanpa BI Checking, 100% Cair

Bahkan, yang paling merugikan adalah denda keterlambatan yang diterapkan oleh Pinjol Ilegal. Bukan cuma masalah berapa besar persentasenya, tapi denda akan terus berjalan tanpa ada batas selama belum dibayar. Mungkin bisa diibaratkan seperi bola salju yang terus akan membesar. Ini juga yang mempengaruhi jawaban orang ketika apakah Pinjol Ilegal harus dibayar.

Sedikit gambaran, kalau di Pinjol Legal ada aturan untuk denda. Ketika peminjam tidak bisa bayar tepat waktu, maka tagihan akan dikenakan denda selamat belum dibayar. Akan tetapi, OJK hanya memperbolehkan total denda maksimal adalah 100% dari pokok pinjaman. Cek juga “Resiko Gagal Bayar Pinjol OJK Legal

Oleh karena itu, bagi orang yang punya tagihan Pinjol Ilegal apalagi sudah telat dari jatuh temponya, pasti akan dilema. Apakah Pinjol Ilegal harus dibayar? Kalau dibayar tagihannya sudah membengkak, tapi kalau tidak tentu akan dikejar-kejar DC.

Nah, pada kesempatan kali ini Jagoan Gadget akan mengajak Sobat sekalian untuk membahas soal tagihan Pinjol Ilegal. Mungkin bisa jadi refrensi mengambil keputusan apakah Pinjol Ilegal harus dibayar atau tidak. Yuk lanjut ke pembahasan di halaman berikutnya.