Apakah Aman Bobol Pinjol? Ini Jawabannya

 Apakah Aman Bobol Pinjaman Online – Meskipun banyak yang menganggap negatif Aplikasi Pinjol, tapi kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakannya untuk kebutuhan ekonomi. Memang, banyak kemudahan yang ditawarkan. Cukup isi data dan melakukan pengajuan melalui Aplikasi, Pinjaman bisa langsung cair bahkan dalam hitungan menit.

Akan tetapi, kemudahan tersebut juga justru membuat kebanyakan orang kesulitan membayar hutang di Aplikasi Pinjol. Tanpa perhitungan yang matang, pengajuan pinjaman dilakukan dan dana pun langsung cair ke rekening. Tidak sedikit yang mengalami kredit macet alias Galbay (Gagal Bayar). Cek di “Apa itu Galbay?“. Hal ini, membuat nasabah yang tidak sanggup membayar hutang akan diblacklist dan tidak bisa mengajukan pinjaman di Aplikasi Pinjol lagi.

Pada artikel sebelumnya, Cara Bobol Pinjaman Online Ilegal, ada beberapa cara dan metode yang sering digunakan “Pemain Pinjol”. Orang-orang yang sengaja berusaha mendapatkan pinjaman dari Aplikasi Pinjol tanpa niatan untuk membayarnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan data palsu, sehingga pengajuan kemungkinan bisa disetujui.

Apakah Aman Bobol Pinjol

Bahaya Bobol Aplikasi Pinjol

Maksud Bobol Pinjol disini adalah melakukan beberapa cara agar pengajuan pinjaman bisa disetujui. Ada yang pakai data orang lain, data palsu, hingga memanipulasi data sendiri. Bahkan ada juga loh yang melakukan praktek jual-beli data untuk kebutuhan pinjol, yang sebenarnya ini adalah tindakan pidana.

Apakah aman bobol Pinjol? Tentu tidak. Perlu kamu ketahui, membobol aplikasi Pinjol tentu ada resikonya ya. Berikut ini JagoanGadget.com mengajak Sobat sekalian untuk membahas bahayanya membobol Pinjol.

Mungkin pembahasan bisa kita kategorikan menjadi 2. Yakni resiko bobol Pinjol legal dan Pinjol ilegal.

Resiko Bobol Pinjol Legal (Resmi OJK)

Seleksi yang dilakukan Aplikasi Pinjol Legal lebih ketat. Jika data yang diajukan tidak sesuai, maka pengajuan akan ditolak. Karena itu, sulit membobol Aplikasi Pinjol Legal.

Kalau pun bisa, mungkin menggunakan metode data orang yang belum pernah mengajukan atau memiliki tunggakan di Aplikasi Pinjol (fresh alias masih bersih). Tapi, kalau tidak bayar hutang, yang ditagih adalah orang pemilik data tersebut. Atau bisa juga dengan membeli data pribadi. Yang mungkin kebetulan data tersebut masih bersih, sehingga pengajuan bisa dengan mudah disetujui.

Resiko dari bobol Pinjol legal adalah berhadapan dengan hukum. Kamu bisa terjerat tindak pidana pemalsuan data ataupun tindak pidana jual-beli data pribadi yang sanksinya cukup berat. Bahkan kamu bisa dipenjara loh, Sob. Jadi, kalau ditanya Apakah Bobol Pinjol Legal Aman? Tentu tidak, resikonya adalah kamu bisa terjerat hukum hingga dipenjara.

Tapi, Aplikasi Pinjol Legal lebih direkomendasikan jika kamu butuh pendanaan untuk menutupi kebutuhan kamu. Tentu tidak ada resikonya asalkan kamu melakukan pinjaman sesuai dengan ketentuan yang ada. Cek di Daftar Pinjol Legal OJK

Resiko Bobol Pinjol Ilegal

Kalau kamu sering membaca berita mengenai beberapa kasus yang disebabkan Aplikasi Pinjol, kebanyakan adalah dari Aplikasi Pinjol Legal. Seperti yang pernah kita bahas pada artikel, Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal, Aplikasi Pinjol memang sangat tidak disarankan. Mulai dari bunganya yang tinggi, denda tinggi, hingga cara penagihan yang kasar.

Namun, justru Aplikasi Pinjol Ilegal jadi sasaran para pemain Pinjol. Karena seleksinya tidak seketat aplikasi Pinjol legal yang resmi. Kemungkinan besar pengajuan pinjaman disetujui meskipun kualitas data tidak begitu bagus. Bahkan ada yang pakai metode “Gonik” alias Gocek NIK yakni memanipulasi Nomor Induk Kependudukan yang ada pada KTP untuk pengajuan pinjaman dan disetujui.

Memang, tidak ada resiko hukum yang akan dihadapi jika berurusan dengan Pinjol Ilegal. Karena beroperasinya aplikasi Pinjol Ilegal ini sendiri menyalahi aturan dan hukum.

Apakah Aman Bobol Pinjol Ilegal? Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada resiko yang akan dihadapi jika kamu bobol Pinjol ilegal. Ada beberapa resiko yang mungkin akan kamu hadapi: 

• Diteror DC Pinjol

Pada artikel “Apakah DC Pinjol Ilegal Datang ke Rumah?“, sudah ada penjelasan bahwa DC Pinjol Ilegal tidak akan pernah datang ke rumah. Akan tetapi, DC akan terus menagih melalui telepon dan cara penagihannya cenderung meneror. Tentu hal ini akan sangat mengganggu.

• Sebar Data

Meskipun kita pakai data palsu dan kita pakai tidak pakai nomor telepon asli, pihak DC Pinjol bisa menghubungi kerabat, teman, bahkan saudara kita. DC akan menagih hutang kita ke orang lain dan mempermalukan kita dengan maksud menekan kita sehingga kita terpaksa membayar.

Kok bisa DC hubungi orang lain? Aplikasi Pinjol Ilegal akan menyadap semua data di HP ketika kita melakukan pengajuan pinjaman, termasuk kontak yang ada di HP. Dari sinilah Pinjol ilegal memiliki nomor orang-orang yang kita kenal. Bahkan ada juga aplikasi Pinjol ilegal yang mengambil seluruh gambar dan video di HP, yang nantinya bisa dijadikan bahan untuk mempermalukan kita.

• Penyalahgunaan Data Pribadi

Ada juga oknum yang memanfaatkan data diri yang kita berikan saat pengajuan. Bisa untuk mengajukan pinjaman di aplikasi lain, atau hal lainnya yang tentunya jika terjadi sesuatu yang bertanggung jawab adalah kita sebagai pemilik data.

Jadi, Apakah Aman Bobol Pinjol?

Jawabannya adalah tidak. Baik pada aplikasi Pinjol legal maupun ilegal, ada resiko yang harus dihadapi. Kita bisa berhadapan dengan hukum jika melakukan pemalsuan data pada Pinjaman Online legal.

Sedangkan pada aplikasi Pinjol ilegal memang tidak ada resiko hukum yang akan dihadapi jika kita bobol. Malah, Kominfo pernah membuat statment yang menghimbau masyarakat untuk mengambil pinjaman di aplikasi ilegal dan tidak usah membayarnya. Cek di Aplikasi Pinjol Ilegal Tidak Usah Dibayar.

Kendati demikian, tetap ada resiko yang harus dihadapi jika kita bobol Pinjol Ilegal.

Akhir Kata

Agar hidup tenang, jauhkan diri dari hutang apalagi pada aplikasi Pinjol. Kalaupun benar-benar butuh, pertama coba cari solusi ke orang-orang terdekat seperti teman atau saudara. Menjual aset yang kita punya juga bisa menjadi solusi yang lebih baik dibanding harus hutang di aplikasi Pinjol.

Kalau memang benar-benar tidak ada solusi lain, disarankan untuk ajukan pinjaman di aplikasi Pinjol yang legal dan memiliki OJK. Aplikasi semacam ini bunganya relatif lebih rendah, sesuai dengan aturan yang berlaku. Dan jangan lupa, perhitungkan dengan matang sebelum mengambil pinjaman. Ajukan pinjaman dengan nominal yang dibutuhkan.

Semoga artikel ini bisa membantu mejawab pertanyaan “Apakah Aman Bobol Pinjol?”. Baca juga artikel terkait Pinjaman Online: 

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓