Apa sih Bedanya AR dan VR? 2 Teknologi Visual Tercanggih saat ini

Perbedaan AR dan VR

 Perbedaan VR dan AR – 2 Teknologi visual tercanggih saat ini memang sekilas terlihat dan terdengar sama. Keduanya memvisualisasikan objek secara digital. Tapi tahu nggak sih kalau keduanya ini berbeda jauh loh?

Masing-masing memiliki konsep dan karakteristik yang berbeda. Tentu penggunaan dan fungsi dari kedua teknologi ini juga berbeda. Untuk kamu yang belum memahami perbedaan antar VR dan AR, mending simak pembahasan berikut ini hingga tuntas. Biar nggak kudet.. hehe

Perbedaan Teknologi VR dan AR

Seperti yang kita ketahui dan juga temui, VR merupakan sebuah teknologi di mana pengguna akan dibawa ke dalam sebuah dunia maya yang diciptakan oleh sebuah pengembang. Dengan menggunakan alat khusus yang memvisualisasikan dunia maya, pengguna bisa menjelajahi dunia tersebut.

Pokémon GO mungkin menjadi game pertama yang menggunakan teknologi AR. Pemain bisa melihat sebuah objek digital pada tampilan HPnya melalui kamera. Objek ini merupakan hasil visualisasi dari teknologi AR yang tentu sebenarnya tidak ada di dunia nya.

Dari contoh di atas, mungkin kamu sudah memiliki gambaran mengenai perbedaan VR dan AR. Tapi, biar lebih paham jagoangadget.com akan mengajak Sobat Gadget sekalian untuk mengulik lebih dalam kedua teknologi ini.

Mengenai Teknologi AR dan VR

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan AR dan VR, kita akan membahas terlebih dahulun untuk pengertian atau definisi dari masing-masing teknologi visual ini.

Apa itu VR?

Dari segi bahasa VR merupakan singkatan dari Virtual Reality yang artinya realitas virtual. Dengan teknologi ini, kita bisa menciptakan sebuah ruang atau dunia digital yang bisa diakses oleh pengguna melalui perangkat khusus.

Dalam dunia yang diciptakan ini, pengguna bisa berinteraksi dan menjelajah hingga batas yang ada pada dunia tersebut. Ini akan memberikan pengalaman yang cukup nyata kepada pengguna. Kamu bisa menjelajah sebuah tempat yang disimulasikan dengan teknologi ini.

Ada perangkat khusus yang bisa dipakai untuk bisa menikmati sensasi nyata dunia virtual pada teknologi ini. Yang paling sederhana ada Google Cardboard VR, yakni sebuah benda yang fungsinya kurang lebih seperti kaca mata. Kamu bisa menempatkan HP pada bagian depan alat ini untuk menampilkan simulasi digital. Bahkan kamu juga bisa membuat alat seperti ini dengan sangat mudah, hanya berbekal bahan berupa karton atau kardus.

Untuk lebih mendukung dan mendapatkan sensasi lebih nyata, ada alat dengan kualitas yang lebih baik. Salah satunya adalah Oculus Quest, yang mana alat ini dilengkapi beberapa fitur yang bisa membuat simulasi lebih terasa nyata. Tapi tentu harganya juga lebih mahal ya, Sob.

Apa itu AR?

Sedangkan AR adalah singkatan dari Augmented Reality yang artinya realitas tambahan. Teknologi ini tidak menciptakan sebuah dunia atau ruang digital yang bisa dijelajah seperti VR. AR hanya menambahkan sebuah objek digital pada tampilan visual nyata.

Salah satu contohnya sudah kita singgung sedikit di atas, yakni pada game Pokémon GO. Pada game ini, pemain bisa menangkap monster-monster yang berkeliaran disekeliling. Pemain hanya bisa melihat monster tersebut melalui aplikasi kamera game. Tentunya monster tersebut merupakan sebuah objek digital yang diciptakan oleh teknologi AR, tidak benar-benar ada di dunia nyata.

Contoh lain penggunaan AR bisa kita temui di filter aplikasi Sosial Media seperti Instagram atau Snapchat. Filter ini menampilkan sebuah objek digital bergerak yang membuat konten gambar ataupun video jadi lebih menarik.

Perbandingan Teknologi VR dan AR

Berikut ini ada beberapa perbandingan yang juga menjadi perbedaan VR dan AR dari beberapa aspek, yang bisa membuat kamu lebih paham mengenai perbedaan keduanya.

• Konsep

Secara konsep, VR menciptakan sebuah ruang digital yang bisa diakses pengguna. Pada ruang ini, bisa menjelajah secara bebas hingga batas diciptakanya ruangan tersebut. Jadi, intinya VR akan membawa pengguna pada sebuah dunia digital yang diciptakan.

Sedangkan AR konsepnya dalah menciptakan objek digital yang divisualisasikan ke dunia nyata. Tidak benar-benar dibawa ke dunia nyata ya Sob, objek hanya seolah-olah ada yang hanya bisa dilihat melalui kamera.

• Pengalaman Pengguna

Kalau melihat dari segi konsepnya saja sudah berbeda, tentu pengalaman yang diberikan penggunanya juga berbeda. VR membawah pengguna ke dalam dunia maya, sedangkan AR membawa objek maya ke dunia nyata.

Dengan VR, pengguna bisa melakukan eksporasi dengan menjelajahi dunia maya yang diciptakan. Biasanya VR digunakan pada industri game untuk memberikan sebuah pengalaman bermain baru yang lebih seru dan menantang.

Sedangkan AR bisa memberikan objek maya tambahan pada sebuah konten. Seperti pada sosial media, AR mampu memberikan efek-efek canggih yang sangat menarik untuk digunakan.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat Perbedaan AR dan VR. Secara garis besar AR membawa objek virtual sehingga bisa tampil di dunia nyata, sedangkan VR konsepnya adalah membawa pengguna ke sebuah dunia virtual dan membuatnya seolah-olah nyata.