Apa itu TV Analog? Kenapa Harus Dimatikan? Ini Jawabannya!

Meski ada disekitar kita dan hampir setiap hari kita temui, tapi masih banyak yang belum paham apa itu TV Analog. Teknologi di dunia pertelevisian ini pun sudah resmi dihentikan sejak 2 November 2022 lalu.

Sebenarnya, Indonesia sudah memiliki wacana untuk menghentikan siaran TV Analog sejak 2 tahun silam.

Tapi memang karena banyak masyarakat yang belum siap menghadapi evolusi teknologi ini, hingga akhirnya baru beberapa hari lalu penghentian bisa terealisasi.

Banyak masyarakat yang belum memiliki perangkat mendukung untuk saluran TV Digital. Hingga akhirnya tidak sedikit yang bingung membeli perangkat agar bisa menikmati siaran TV lagi.

Di artikel sebelumnya, jagoangadget.com sudah memberi rekomendasi perangkat untuk bisa nonton TV Digital. Tak perlu beli TV baru kok, cukup dengan membeli STB Terbaik saja.

Pada kesempatan kali ini Jagoan Gadget akan mengajak Sobat untuk mengenal lebih lanjut mengenai Apa itu TV Analog.

Meski sudah dihentikan siarannya, tapi mungkin pembahasan ini akan penting untuk memahami alasan kenapa TV Analog diganti TV Digital.

Apa itu TV Analog?

TV Analog adalah sebuah teknologi siaran yang masih menggunakan jaringan analog. Yakni sinyal dengan perubahan data berkesinambungan (kontinue) untuk proses transmisi suara dan juga gambar.

Teknologi ini memanfaatkan perubahan amplitudo, fase, serta frekuensi dari jaringan yang ditransmisikan sehingga menghasilkan kecerahan warna dan suara yang jernih sehingga bisa menayangkan konten yang bagus.

TV Analog juga mengandalkan 2 jenis sinyal untuk transmisi siarannya. Amplitude Modulation atau yang disingkat AM, berfungsi untuk memancarkan data gambar.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓