Android 12L Hadir di Samsung Galaxy Tab S8 dengan Multitasking Lebih Baik

Android 12L
Android 12L

jagoangadget.com – Kini giliran Samsung Galaxy Tab S8 yang mendapatkan kesempatan untuk jajal OS Baru. Android 12L menjadi versi terbaru dari sistem operasi Android. Nantinya, beberapa smartphone tablet dengan layar besar akan mendapatkan pembaruan juga.

Memang, Android 12L adalah pengembangan dari versi Android 12 yang dikhususkan untuk ponsel tertentu, yakni ponsel tablet dengan layar lebih besar dan ponsel dengan konsep foldable. Seperti Samsung Galaxy Fold Series misalnya.

Apa itu Android 12L?

Android 12L vs Android 12
Android 12L vs Android 12

Pengembangan pada Android 12L dilakukan dengan tujuan untuk memberi pengalaman yang lebih baik kepada pengguna. Ponsel yang dimaksud memang memiliki User Interface yang sedikit berbeda dibandingkan ponsel Android pada umumnya.

Oleh karena itu, dengan beberapa peningkatan dan pengembangan bisa membuat performa Android 12L bisa lebih baik di perangkat yang dimaksud. Pengoptimalan aplikasi pihak ketiga di sistem operasi ini membuat multitasking lebih nyaman dilakukan.

Pengembangan fitur di Android 12L ini berfokus pada pengoptimalan pengguna ponsel layar besar, khususnya di tablet Samsung Galaxy Tab S8. Dengan layar yang lebih besar, beberapa menu menjadi lebih sulit untuk diakses dan dijangkau pengguna. Sehingga ada penambahan fitur untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Seperti misalnya penambahan task bar di bawah layar, yang membuat menu lebih mudah diakses oleh pengguna. Fitur Split Screen View pada OS khusus ini mendukung untuk 3 layar, terlihat bahwa layar yang lebar memang dioptimalkan di sini.

Ada juga beberapa fitur baru yang dihadirkan seperti Peek-Through dan Pop-Over transparan. Sama seperti pengembangan fitur yang ada, fitur baru dihadirkan untuk memudahkan pengguna pakai ponsel dengan layar yang besar.

Untuk Taskbar yang ada dibawah layar berisi berbagai aplikasi yang bisa diakses dengan mudah. Sedangkan untuk Split View sendiri sebenarnya fitur lama yang sangat bermanfaat di ponsel dengan layar normal. Pengguna bisa membuka tampilan 2 aplikasi sekaligus di 1 layar. Pengembangan memungkinkan pengguna buka lebih banyak, yakni 3.

BACA JUGA:  One UI 4 Mulai Tersedia Untuk Semua Flagship Samsung, Termasuk Galaxy S20 FE

Yang membuat multitasking lebih baik di Android 12L mungkin adanya peningkatan di 3 layar sekaligus pada Split View. Pengguna bisa melakukan aktivitas lebih mudah dengan kebutuhan membuka aplikasi lebih dari 1. 3 Aplikasi bisa berjalan dan diakses bersamaan dalam 1 layar.

Tidak terlalu sulit, pengguna bisa melakukan drag atau drop 2 aplikasi utama dari taskbar yang ada di bawah layar tadi. Dengan begitu, layar bisa terbagi hingga 3 bagian untuk 3 aplikasi yang berbeda dengan kondisi berjalan bersamaan.