5 Alasan Orang Enggan Pakai HP Xiaomi

Alasan Orang Enggan Pakai HP Xiaomi
Alasan Orang Enggan Pakai HP Xiaomi

Alasan Orang Enggan Pakai HP Xiaomi – Siapa sih yang nggak kenal Xiaomi? Salah satu brand asal Tiongkok dengan produk elektronik. Berbagai barang elektronik dibalut dengan inovasi teknologi sehingga lebih menarik dan juga canggih.

Beragam produk mulai dari smartphone, smart TV, smartwatch, dan juga aksesoris seperti speaker bluetooth juga TWS diproduksi oleh Xiaomi. Bahkan ada juga barang-barang yang mungkin menarik seperti air purifier sampai timbangan berat badan juga ada loh.

Apalagi, barang Xiaomi dikenal dengan harganya yang murah. Seperti smartphone misalnya, HP Xiaomi mampu bersaing di pasaran karena meskipun kualitasnya baik namun harganya murah. Di bandingkan dari brand lain dengan kualitas yang sama bahkan lebih baik, produk Xiaomi memang lebih murah.

Alasan Orang Enggan Pakai HP Xiaomi

Kekurangan HP Xiaomi
Alasan Orang Enggan Pakai HP Xiaomi

Kali ini, kita tidak akan membahas semua produk-produk dari Xiaomi. Tapi kita akan membahas kenapa HP Xiaomi terkesan dipandang sebelah mata oleh sebagian pengguna. Padahal kualitas dan spesifikasinya cukup bagus dengan banderol harga yang murah dibandingkan HP merek lain.

Mimin sendiri juga sering menemukan konten-konten yang menganggap Xiaomi kurang bagus, terutama di sosial media. Kebanyakan yang bilang Xiaomi tidak lebih baik dari HP tertentu adalah kaum remaja.

Setelah mimin selidiki, ternyata yang mengatakan Xiaomi jelek adalah pengguna HP-HP flagship, terutama iPhone. Bahkan, beberapa diantara mereka bukan pengguna alias tidak punya HP flagship. Mereka hanya memiliki minat pada HP-HP tersebut.

Kalau melihat fakta yang ada, HP Xiaomi memang banyak laku dan cenderung menguasai pasar HP di level entery-level dan mid-range. Di kelas HP Flagship sebenarnya Xiaomi juga punya produk yang cukup bagus, hanya saja pengguna lebih banyak tertarik pada HP seperti iPhone ataupun Samsung.

BACA JUGA:  Cara Ganti Default Browser Xiaomi

Nah, orang-orang yang mengatakan bahwa Xiaomi tidak bagus ini memang membandingkan HP Xiaomi dikelas menengah dengan HP flagship. Tentu jelas kalah ya, harganya juga jauh lebih mahal.

Mimin pribadi juga lebih memilih HP seperti Samsung Galaxy seri S terbaru ataupun iPhone kalau memang budget mencukupi. Akan tetapi, HP Xiaomi dikelas menengan bisa jadi pilihan yang tepat dan worth it untuk dibeli jika budget terbatas.

Kekurangan HP Xiaomi

Di samping itu, memang HP Xiaomi memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan HP brand lain di level yang sama. Ini juga menjadi alasan orang enggan pakai HP Xiaomi. Seperti yang sudah bahas pada Kekurangan HP Xiaomi, ada beberapa hal yang bisa dikeluhkan.

1. Iklan

Banyak yang bilang kalau HP Xiaomi “Juara” soal iklan. Tapi memang, hampir semua brand saat ini menyisipkan iklan pada produknya, bahkan Samsung juga loh.

Iklan memang menjadi salah satu alternatif sebagai sumber pendapatan. Mungkin di persaingan yang maksa produsen harus membanderol produknya dengan harga murah, iklan jadi solusi. Penghasilan iklan bisa memangkas biaya produksi sehingga harga jual HP bisa ditekan.

Tapi sebagai pengguna HP Xiaomi, mimin tidak terlalu terganggu dengan iklan yang ada di HP. Iklan hanya akan muncul di aplikasi dan fitur bawaan HP. Mimin bukan termasuk yang punya alasan orang enggan pakai HP Xiaomi juga sangat jarang pakai, jadi juga jarang ketemu iklan. Toh, ada pengaturan juga yang bisa mematikan iklan di HP.

2. Cepat Panas

Alasan orang enggan pakai HP Xiaomi lainnya adalah perangkat yang cepat panas. Kalian juga mengalami cepat panas di HP Xiaomi? Sebenarnya tidak benar kalau hanya HP Xiaomi yang cepat panas. Ada beberapa hal yang menjadi Penyebab HP Cepat Panas.

BACA JUGA:  Arti Kode 03031 di TikTok yang Viral

Material atau Bahan back cover bisa menjadi faktor HP jadi cepat panas. Biasanya, material besi menjadi bahan yang menyerap panas, sehingga HP terasa cepat panas jika digunakan.

• Penggunaan juga berpengaruh, misal dengan memainkan game atau aplikasi yang berat. Tidak hanya di HP Xiaomi saja, kalau kamu lakukan hal tersebut di HP merek lain kemungkinan besar HP juga cepat panas.

• Jaringan kurang bagus juga bisa menyebabkan HP jadi lebih cepat panas. HP akan bekerja lebih keras karena sinyal atau jaringan yang kurang bagus. Apalagi kalau HP dalam kondisi seperti ini tapi kamu gunakan untuk browsing atau internetan.

Jadi kalau kamu mengalami masalah HP Xiaomi cepat panas, kemungkinan ada penyebab tertentu bukan karena HP nya Xiaomi.

3. Bug

Ketiga, alasan orang enggan pakai HP Xiaomi adalah bug. Xiaomi sering menghadirkan fitur-fitur baru pada perangkat smartphone nya. Hal ini semata-mata bertujuan untuk kenyamanan pengguna.

Akan tetapi, HP Xiaomi juga sering mengalami bug alias error pada sistemnya. Biasanya aplikasi, fitur, atau layanan yang ada tidak bisa berjalan dengan baik.

Jadi tidak hanya memiliki manfaat yang positif, banyaknya fitur ini juga bisa jadi kendala dan menghadirkan bug. Apalagi kalau bug tidak segera dibenahi, cukup menjengkelkan pake HP yang banyak bug nya.

4. Kesan “Murahan”

Terakhir, yang jadi alasan orang enggan pakai HP Xiaomi adalah predikat “HP Murah” yang disandangnya. Bagi kamu yang tidak peduli dengan omongan orang, mungkin tidak akan mengalami kekurangan ini. Xiaomi memang menjadi pilihan yang tepat bagi orang cari HP murah tapi bagus.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang memperhatikan gengsi. Kelebihan Xiaomi dengan harganya yang murah, justru jadi boomerang. Sebagian orang menganggap Xiaomi HP murahan, sehingga malu kalau memakainya. Apalagi ada isu Xiaomi HP Gacha yang menjadi bahan olok-olokan.

BACA JUGA:  Review Performa Gaming Xiaomi 11T, Jajal PUBG Mobile hingga Genshin Impact

Akhir Kata

Apa sih yang jadi alasan orang enggan pakai HP Xiaomi? Jadi, mungkin membandingkannya dengan HP flagship sehingga terlihat kurang bagus. Apalagi ada beberapa orang yang mengutamakan gengsi, semakin rendah Xiaomi di mata orang-orang seperti ini yang menganggapnya murahan.

Kalau mimin sih selama memang setara antara apa yang kita dapat dan harga yang kita bayar, tidak ada masalah. Apalagi kalau harga lebih murah. Bagaimana dengan kalian, Sob?