Alasan Kenapa Jangan Pakai Mode Gelap / Dark Mode

Tapi tidak hanya itu, mode gelap juga memiliki keunggulan lain yang mungkin kamu tidak tahu. Dengan background gelap, layar HP juga lebih ringan kinerjanya karena tidak memancarkan cahaya terlalu banyak. Sehingga dengan fitur ini bisa membuat baterai HP jadi lebih hemat bin irit.

Cocok nih buat kamu yang pakai HP dengan kapasitas baterai kecil. Biasanya sih pengguna iPhone memiliki kendala boros baterai, karena memang kapasitas baterainya lebih kecil dibandingkan HP Android. Jadi, mimin sarankan untuk pengguna iPhone bisa pakai mode gelap.

Selain hemat baterai, fitur ini juga membuat HP tidak cepat panas. Karena penyebab HP cepat panas adalah kinerja layar yang berlebih, termasuk memancarkan cahaya terlalu terang. Lalu kenapa jangan pakai mode gelap?

Kekurangan, Alasan Kenapa Jangan Pakai Mode Gelap

Tapi perlu kamu ketahui juga, Sob. Mode gelap juga punya kekurangan loh. Yakni adanya bug pada beberapa layanan dan aplikasi. Untuk Sobat yang belum tahu, bug adalah bahasa Inggris yang artinya adalah serangga. Tapi dalam konteks ini, bug adalah sebuah kesalahan atau error pada sistem. Suatu hal yang membuat pengguna jengkel sehingga bug dipakai sebagai istilah.

Tidak semua aplikasi dan layanan yang ada pada smartphone mendukung untuk menggunakan fitur ini. Salah satu bug yang sering terjadi adalah mode gelap membuat konten tidak terlihat jelas. Kebanyakan terjadi pada aplikasi ataupun fitur aplikasi yang tidak mendukung.

Momen Lucu Karena Mode Gelap

Kenapa jangan pakai mode gelap? Ada sebuah kejadian lucu yang disebabkan karena bug pada fitur mode gelap. Aplikasi Whatsapp sebenarnya mendukung untuk fitur dark mode. Kamu bisa mengaktifkan fitur di HP, ada juga aplikasi WA MOD yang menggunakan tampilan berlatar belakang gelap.

Akan tetapi, ada fitur di WA yang tidak mendukung untuk mode ini yakni pada sticker WA. Sticker tidak bisa disesuaikan warnanya dengan perubahan warna, sehingga untuk sticker dengan warna hitam akan sulit untuk dilihat.

Mode Gelap Lucu
Kenapa Jangan Pakai Mode Gelap

Salah satu contohnya adalah percakapan seorang netizen dengan camer alias calon mertuanya di aplikasi WA.

Singkat cerita, netizen ini mengirimkan sticker sebuah karakter imut yang sedang senyum. Namun ada tulian warna hitam pada sticker tersebut, karena menggunakan mode gelap tulisannya jadi tidak kelihatan. Nah, yang lucu tulisan pada sticker tersebut “bentar lagi kutampol” dan dia tidak sadar akan keberadaan tulisan tersebut. Jadi, tanpa dosa dia mengirimkannya kepada si camer.

Karena si camer pakai WA normal, tentu bisa melihat dengan jelas tulisan tersebut. Tentu si camer menanyakan maksud dari sticker tersebut. Tapi karena tidak tahu, dia menjawab dengan polos kalau itu emoticon senyum dengan karakter lucu. Selang beberapa saat, dia baru sadar dengan adanya tulisan pada sticker dan meminta maaf kepada si camer.

Kejadian unik ini mungkin bisa jadi salah satu alasan kenapa jangan pakai mode gelap. Atau minimal kamu perlu berhati-hati pakai sticker WA ketika mengaktifkan dark mode.

Akhir Kata

Kenapa jangan pakai Mode Gelap? Memang fitur ini sangat bermanfaat, selain bisa membuat mata tidak sakit melihat layar HP berlama-lama juga bisa membuat baterai tidak boros. Kalau kamu tipe orang yang sering sosmed-an berlama-lama, fitur ini sangat cocok.

Akan tetapi, memang ada beberapa bug yang terjadi dan menjadi kekurangan dari fitur ini. Salah satu contohnya adalah kejadian lucu di atas.

Mimin pribadi pakai fitur ini kok untuk beberapa aplikasi yang mendukung, terutama sosmed. Mimin juga merekomendasikan kamu untuk pakai mode gelap. Tapi melihat kejadian di atas, mimin juga mau mengingatkan nih untuk kamu kalau mau pakai mode gelap. Tetap hati-hati, jangan sampai cerita diatas kejadian sama kamu. Hehe