JagoanGAdget_iPrice_BudgetingApps_Hero

8 Aplikasi Finansial untuk Atur Keuanganmu dengan Lebih Mudah

Mengatur keuangan adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua orang. Namun, terkadang kita merasa kesulitan atau tidak tahu bagaimana caranya mengatur uang yang masuk dan keluar. Untungnya, saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kamu untuk mengatur keuangan pribadi. Kamu dapat dengan mudah mengelola keuangan dari smartphone sehingga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Dengan menggunakan aplikasi berikut, pengaturan keuangan Anda akan lebih mudah dan bisa terhindar dari hutang dan pemborosan. Tidak perlu khawatir juga dengan platform yang kamu gunakan saat ini. Aplikasi berikut dapat diakses oleh platform Android ataupun iOS sehingga kamu bisa memasang aplikasi ini di ponsel iPhone, OPPO Reno atau smartphone lainnya.

1. Financial Calculators

JagoanGadget_iPrice_BudgetingApps_Body
Sumber: Google Play Store/FinancialCalculators

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk menghitung berapa anggaran yang tepat untuk kamu alokasikan setiap bulannya. Terdapat berbagai fitur kalkulator yang dapat membantumu menghitung berbagai macam masalah keuangan.

Fitur yang bisa digunakan sangat beragam dari menghitung bunga pinjaman, dana pensiun, dana pendidikan, dana investasi dan lainnya. Aplikasi ini mungkin tidak langsung mengatur anggaran keuanganmu, tetapi kamu bisa memperhitungkan berbagai hal dengan mudah.

2. Goodbudget

Untuk mengelola budget dengan mudah, Goodbudget bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebabnya, dengan Goodbudget kamu dapat menghitung pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulan. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini melalui berbagai platform seperti Android, iOS atau web sehingga tidak terbatas hanya satu perangkat saja.

Penggunaannya juga cukup mudah, kamu bisa mengategorikan setiap pengeluaran sehingga kamu bisa memantaunya berdasarkan kategori tersebut. Kamu juga bisa memonitor pemasukan dan pengeluaranmu dalam bentuk grafik sehingga akan mudah untuk diamati.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengelola bisnis rumahan karena selain bisa berbagi file dengan mudah, data di aplikasi ini juga dapat kamu unduh. Hal ini akan membantu kamu berbagi informasi dengan pegawai atau partner kerja.

3. Mint

Siapa yang tidak tau Mint? Melalui aplikasi ini kamu juga dapat mengatur anggaran keuangan di berbagai kategori. Selain itu, lewat Mint kamu juga bisa memantau saldo keuangan, tagihan bulanan, pajak, dan pengeluaran total hanya dengan satu akun.

Aplikasi ini juga bisa mengingatkanmu untuk membayar tagihan dan pajak jika waktu jatuh temponya sudah dekat. Kamu juga bisa mengatur tujuan keuangan dan melakukan credit scoring sehingga bisa membantumu memenuhi target finansialmu.

4. Monefy

Mengelola keuangan dengan mencatat secara manual sudah sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun, terkadang kita suka lupa untuk mencatat apalagi ketika sedang di luar rumah. Dengan menggunakan Monefy, kamu dapat mencatat semua pengeluaran dan pemasukan dengan cepat melalui smartphone.

Selain itu, tersedia juga berbagai kategori untuk mencatat mengenai pengeluaran terkait sehingga kamu juga dapat melihat diagram pengeluaranmu selama sebulan. Oleh karena itu, kamu dapat mempertimbangkan kategori mana saja yang anggarannya bisa dikurangi atau disesuaikan.

5. Money Lover

Aplikasi satu ini jadi salah satu aplikasi yang banyak diunduh banyak orang. Money Lover memiliki fitur yang bisa membuat anggaran terpisah untuk event tertentu di waktu mendatang seperti liburan, pernikahan, pesta dan acara lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memantau anggaran bulanan dan harian kamu melalui aplikasi ini.

Bukan hanya itu saja, dengan Money Lover, kamu juga dapat menghubungkan akun bank pribadi sehingga jadi lebih mudah untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran. Di samping itu, kamu juga bisa mendapat laporan bulanan mengenai pengeluaranmu untuk menganalisis aliran keuanganmu setiap bulannya dan membuat target finansial untuk periode selanjutnya.

6. Money Manager

Tidak hanya melalui smartphone, aplikasi ini juga dapat kamu integrasikan dengan laptop atau komputermu. Dengan Money Manager, kamu dapat menampilkan anggaran bulananmu dalam tampilan kalender sehingga jadi lebih mudah dipantau. Selain itu, kamu juga dapat mengeditnya berdasarkan hari, bulan, atau tahun.

Aplikasi ini juga dapat memantau transaksi yang kamu lakukan menggunakan kartu kredit ataupun debit. Hal ini tentu saja memudahkan karena sering kali kita lupa setelah melakukan transaksi melalui kartu. Sangat bermanfaat, bukan?

7. Wallet

Dengan Wallet, kamu dapat menghubungkan rekening bank milikmu sehingga saat kamu melakukan transaksi digital, maka secara otomatis akan tercatat di aplikasi ini. Kamu juga dapat memasukkan catatan pengeluaran secara manual dan mendapatkan laporan setiap bulannya dengan berbagai insight mengenai status keuanganmu.

Wallet juga mendukung berbagai mata uang dari berbagai negara. Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan beberapa pengguna ke dalam rekeningmu lewat berbagai platform seperti iOS, Android atau web. Kamu juga dapat merencanakan anggaran dan memasang pemberitahuan untuk tagihan yang harus dibayar sehingga akan memudahkan untuk mengelola keuangan setiap bulannya.

8. Finansialku

Aplikasi yang satu ini tidak hanya membantu kamu untuk mengelola keuangan hanya dengan catatan dan laporan. Namun, kamu juga bisa mendapatkan akses untuk konsultasi keuangan dengan para pakar yang sudah tersertifikasi CFP (Certified Financial Partner).

Finansialku juga menyediakan berbagai pelajaran tentang keuangan dan juga produk-produk keuangan. Bagi kamu yang ingin belajar lebih dalam tentang mengelola finansial akan sangat terbantu menggunakan aplikasi yang satu ini.

Merencanakan keuangan masa depan juga dapat dilakukan melalui aplikasi ini. Jadi, kamu tidak hanya sekedar mencatat pengeluaran dan pemasukan bulananmu. Namun, kamu juga bisa mengatur alokasi dana untuk masa depan.

Dengan beberapa aplikasi di atas jangan sampai kita selalu merasa kekurangan setiap bulannya yang kemudian berakhir dengan melakukan pinjaman online dan membuat keadaan semakin sulit karena terlilit hutang. Perlu untuk kita mulai mengatur pendapatan dan pengeluaran secara cermat.

Menjadi sukses dan kaya tidak selamanya tentang jumlah pendapatan yang banyak. Namun, itu semua juga bergantung kepada bagaimana kita mengatur kondisi keuangan dan perencanaan untuk masa mendatang.