7 Fitur Google Maps yang Bermanfaat Saat Traveling

Fitur Google Maps
Fitur Google Maps

Musim liburan segera tiba. Masa liburan kurang lengkap rasanya tanpa jalan-jalan atau traveling. Saat jalan-jalan berkendara sendiri maupun traveling ke luar negeri, Anda akan memerlukan aplikasi Google Maps untuk kelancaran traveling Anda.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, tahun ini antusiasme masyarakat untuk melakukan traveling saat liburan akhir tahun ini sepertinya akan meningkat pesat.

Meskipun banyak yang menikmati liburan di rumah dengan memanfaatkan gadget sebagai hiburan atau mengakses situs fun88link, traveling sebagai selingan pasti akan membuat hari libur lebih mengesankan.

Fitur Google Maps

Fitur Google Maps
Fitur Google Maps

Aplikasi seperti Google Maps akan memudahkan traveling Anda, mulai dari mencari petunjuk arah saat berada di bandara, hingga peta offline yang sangat berguna saat berkendara melewati daerah yang minim sinyal.

Apa saja fitur Google Maps yang bermanfaat untuk traveling yang perlu Anda ketahui? Ini dia diantaranya.

1.  Peta offline

Fitur peta offline kadang diperlukan pada kondisi tertentu. Misalnya saat kita melakukan perjalanan yang kebetulan melewati daerah yang susah sinyal sehingga tidak dapat menggunakan internet. Atau saat tiba-tiba kehabisan paket data internet di perjalanan.

Kadang kita tidak dapat mengakses internet saat perjalanan karena hal yang tidak terduga. Karena itu, mengunduh peta offline dari Google Maps bisa menjadi hal yang penting untuk dilakukan sebelum bepergian. Dengan begitu, Anda tidak perlu menjadi panik saat tidak bisa mengakses Google Maps karena tidak ada akses internet.

Cara untuk mengaktifkan fitur peta offline adalah sebagai berikut:

  • Sebelum pergi, carilah lokasi yang akan dituju pada Google Maps.
  • Buka pilihan ‘menu’ dan pilih ‘download’ lalu ikuti instruksi selanjutnya untuk mengunduh peta.
BACA JUGA:  Download WA GB Meta Sekarang dan Nikmati Fitur Tersembunyi yang Mengagumkan!

Jika Anda sudah mengunduh peta lokasi tersebut, maka saat Anda tidak memiliki sambungan internet saat di jalan, Anda masih dapat mengakses peta lokasi yang dituju di Google Maps. Tapi karena ini adalah peta offline, maka Anda tidak akan dapat melihat kondisi kepadatan lalu lintas.

2.  Petunjuk arah saat berada di bandara atau stasiun

Dari tab ‘directory’ pada Google Maps, Anda bisa menemukan petunjuk arah saat berada di bandara atau stasiun. Bandara bisa menjadi tempat yang membingungkan, apalagi jika Anda baru pertama kali ada di bandara tersebut.

Dengan Google Maps, Anda akan dapat menemukan petunjuk lokasi restoran favorit di dalam bandara atau toko oleh-oleh. Anda juga dapat melihat jam buka berbagai gerai yang ada di bandara dan ada di lantai berapa gerai tersebut. Fitur ini juga dapat menunjukkan lokasi tempat parkir.

3.  Melihat kepadatan lokasi yang dituju

Saat traveling ke tujuan wisata tertentu, banyak yang tidak menyukai jika tempat wisata tersebut terlalu penuh sesak karena banyak pengunjung. Dengan fitur Google Maps’ Busyness Tool, Anda dapat melihat kepadatan tempat wisata secara real time.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu mencari tempat wisata atau destinasi yang dituju di Google Maps. Keterangan mengenai penuh atau tidaknya tujuan wisata ini akan dapat dilihat langsung di Google Maps.

4.  Melakukan reservasi restoran

Fitur ini akan sangat bermanfaat terutama saat Anda bepergian ke tempat asing atau ke luar negeri. Anda dapat mencari lokasi restoran terdekat dengan Google Maps. Selain itu, di Google Maps Anda juga dapat melakukan reservasi pada restoran yang dipilih. Di Google Maps Anda juga dapat melihat jam buka restoran tersebut dan melihat apakah restoran penuh pengunjung atau tidak.