Cara Lepas dari Pinjol 1
Cara Lepas dari Pinjol 1

7 Cara Lepas dari Pinjol, Solusi Mudah Terjerat Pinjaman Online

Banyak orang belum begitu paham dengan cara lepas dari pinjol. Sehingga mereka tetap terjebak dalam jeratan pinjaman online. Hutang yang semakin banyak dengan konsep “gali lubang, tutup lubang.

Kemudahan aplikasi pinjol untuk mendapatkan pinjaman memang jadi “senjata makan tuan” bagi sebagian orang. Mereka mengajukan pinjaman tanpa memiliki pertimbangan yang matang. Pada akhirnya, mereka kesulitan untuk membayar sehingga terjerat dalam pinjol.

Buat Sobat Gadget, yang mengalami kendala seperti ini jangan khawatir. jagoangadget.com punya cara lepas dari pinjol yang tepat, tanpa menimbulkan masalah baru.

Cara Lepas dari Pinjol

Cara Lepas dari Pinjol
Cara Lepas dari Pinjol

Sebenarnya sangat mudah untuk bisa terlepas dari jeratan pinjaman online. Kebanyakan orang terlalu khawatir dan panik ketika tidak bisa membayar tagihan ketika sudah jatuh tempo. Mereka mengambil keputusan gegabah yang membawa mereka ke masalah baru lebih besar.

Berikut ini Jagoan Gadget beberapa tips untuk cara lepas dari pinjol yang efektif. Simak ulasannya sampai tuntas ya, Gaes.

1. Jangan Bayar Hutang dengan Hutang

Langkah gegabah yang sering diambil orang ketika harus membayar hutang adalah mereka berhutang untuk membayar tagihan. Membayar hutang dengan hutang adalah kesalahan yang sangat fatal! Ini hanya akan menunda masalah yang lebih besar datang kepada mereka.

Memang benar, masalah pertama akan selesai ketika kamu membayarnya dengan hutang lain. Tapi ini akan membawa kamu ke masalah yang lebih besar yakni hutang lain yang nominalnya lebih besar.

Ketika kamu ingin membayar hutang dengan mengambil hutang lain tentu nominal yang harus kamu ambil lebih besar. Karena memang bunga dan biaya lainnya akan membuat uang yang kamu terima lebih sedikit ketika berhutang.

Hal ini bagaikan sebuah “bola salju” yang terus membesar. Semakin sering kamu sering melakukan ini, maka total hutang kamu tidak akan pernah berkurang, justru akan bertambah besar.

Ini juga yang membuat banyak orang tidak pernah bisa melunasi hutangnya, menggunakan konsep “gali lubang, tutup lubang”. Oleh karena itu, apapun yang terjadi jangan pernah mengambil hutang untuk membayar hutang lainnya. Entah itu sudah jatuh tempo, pihak DC sudah mendesak, pokoknya jangan berhutang untuk melunasinya.

2. Hadapi DC, Tunjukan Itikad Baik

Kalau tagihan tidak terbayar ketika waktu jatuh tempo tiba, tentu akan ada desakan dari DC untuk segera melunasi hutang. Kamu harus bisa dan mau menghadapi DC pinjol dengan tetap kooperatif dan menunjukan itikad baik untuk mau membayar hutang.

Memang, biasanya DC akan terus mendesak agar debitur bisa membayar hutang bagaimanapun caranya. Tapi terkait pembahasan sebelumnya, jangan ambil tindakan gegabah apalagi berhutang untuk menutupi hutang.

Tetap sampaikan niatan kamu untuk membayar hutang kepada DC. Meski mungkin tidak digubris dan tetap akan mendesak, setidaknya kamu sudah menunjukkan itikad baik untuk membayar walaupun belum mampu.

3. Negosiasi dengan DC Lapangan

Banyak orang yang ketakutan akan DC Pinjol yang datang ke rumah untuk menagih hutang. Padahal ini sebuah peluang bagus untuk cara lepas dari pinjol loh. Dengan bertemu dengan DC kamu bisa membuat masalah kamu jadi lebih ringan loh.

DC lapangan mungkin bisa lebih kooperatif. Karena ketemu langsung lebih enak untuk komunikasi dibandingkan by phone alias melalui telepon. Kebanyakan aplikasi Pinjol legal atau resmi biasanya memiliki divisi untuk penagihan lapangan. Cek info lebih lanjut di artikel “DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah?“.

Dari pengalaman beberapa Sobat Gadget, mereka bisa mendapatkan “keringanan” untuk menyelesaikan permasalahan hutang setelah bertemu dengan DC Pinjol. Mereka melakukan negosiasi untuk bisa lebih mudah melunasi hutang.

Seperti misalnya minta bayar pokoknya saja, minta untuk cicilan yang lebih ringan, dan sebagainya. Sehingga lebih mudah untuk mereka melunasinya. Tapi satu hal yang perlu diingat, tetap lakukan pembayaran melalui aplikasi, jangan melalui DC.

4. Fokus Kerja

Cara lepas dari pinjol terakhir adalah dengan fokus pada pekerjaan. Tentu penghasilan atau pendapatan jadi kunci utama untuk bisa menyelesaikan permasalahan hutang. Karena itu, kamu harus fokus kerja sehingga bisa cepat melunasi hutang.

Jangan terpengaruh oleh desakan DC pinjol untuk segera membayar hutang. Tetap fokus untuk kerja sehingga penghasilan ataupun pendapatan kamu bisa stabil. Jangan mengambil tindakan gegabah hanya karena desakan pihak pinjol untuk segera menyelesaikan hutang.

Opsi untuk Cara Lepas dari Pinjol

Selain langkah-langkah di atas, sebenarnya ada pilihan lain untuk bisa terlepas dari hutang pinjol. Akan tetapi, memang tidak semua memiliki kesempatan ini.

5. Bantuan Keluarga atau Kerabat

Ketika kamu tidak bisa membayar hutang pinjol tepat waktu, mungkin meminta bantuan keluarga atau kerabat terdekat bisa menjadi solusi terbaik. Kamu bisa meminjam uang kepada mereka agar bisa melunasi hutang pinjol terlebih dahulu.

Ini tidak termasuk konsep “gali lubang, tutup lubang” ya, Gaes. Karena tentu tidak akan ada bunga dan denda yang memberatkan kalau kamu pinjam uang ke mereka.

Daripada harus menanggung denda keterlambatan, kalau punya kesempatan pinjam uang ke saudara atau teman akan lebih baik. Pinjam uang secukupnya sesuai kebutuhan kamu untuk bayar pinjol. Jangan lupa, segera kembalikan uang mereka setelah kamu mampu.

6. Jual Barang dan Aset

Kalau kamu punya barang atau aset yang bisa dijual terlebih dahulu untuk bayar hutang pinjaman online, lebih baik jual saja dulu. Karena cara lepas dari pinjol terbaik adalah dengan membayarnya sesegera mungkin.

Kalau bisa sebelum jatuh tempo ya. Karena kalau sudah jatuh tempo, tagihan akan dikenakan denda keterlambatan. Semakin lama kamu menunda bayar hutang, maka nominal tagihan akan semakin membengkak.

Kamu bisa beli lagi barang atau aset yang kamu jual itu setelah kondisi ekonomi stabil. Daripada harus bingung karena DC yang menagih hutang, lebih baik jual dulu barang-barang yang memang bisa dijual.

7. Pinjaman Bunga Rendah

Cara lepas dari pinjol lainnya adalah dengan pinjaman bunga rendah. Yap, kamu bisa ambil pinjaman untuk bayar hutang. Kok gitu? Bukannya tadi nggak boleh? Kamu bisa memanfaatkan pinjaman yang bunganya rendah atau mungkin tanpa bunga kalau memang punya kesempatan.

Contohnya di tempat kamu kerja ada layanan seperti koperasi yang bisa memberikan pinjaman dengan bunga rendah. Nah, kamu bisa pakai ini untuk bayar hutang pinjol. Meskipun tidak benar-benar menyelesaikan hutang, setidaknya pinjaman yang kamu ambil tidak lebih memberatkan.

Ingat, ambil jika pinjaman benar-benar tidak memberatkan. Karena kalau kamu ambil hutang yang bunganya sama atau lebih tinggi dari hutang sebelumnya, ini akan membuat hutang kamu semakin besar.

8. Pekerjaan Sampingan

Terakhir, kalau memungkinkan kamu bisa mencari bisnis atau pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan hutang pinjol dengan lebih cepat.

Mungkin akan melelahkan jika harus melakukan pekerjaan tambahan. Tapi ini juga bisa jadi cara lepas dari pinjol terbaik. Dengan meningkatnya penghasilan, kamu juga bisa semakin cepat melunasi hutang.

Bisa cek di info loker untuk menjadi perkerjaan tambahan. Atau kalau mau usaha, cek di ide bisnis.

Pertanyaan Terkait Cara Lepas dari Pinjol

Dari pantauan mimin, banyak pertanyaan-pertanyaan netizen yang muncul terkait solusi untuk bisa terlepas dari pinjol. Mungkin dengan menjawab pertanyaan ini bisa jadi sebuah kesimpulan untuk cara lepas dari pinjol.

• Bagaimana cara keluar dari hutang Pinjol?

Seperti pembahasan di atas, cara lepas dari pinjol yang paling utama adalah perlahan-lahan menyelesaikannya. Jangan berhutang untuk bayar hutang pinjol, karena ini akan membuat hutang jadi lebih besar. Tetap fokus kerja agar bisa segera melunasi tagihan yang ada.

• Bagaimana jika tidak bisa membayar pinjaman online?

Jawabannya ya kamu akan terus ditagih DC pinjol. Tapi, selama kamu ada niatan untuk segera menyelesaikannya tidak masalah. Tapi, kalau kamu memang berniat benar-benar tidak membayarnya, tentu ada resiko yang harus dihadapi. Cek di “Resiko Gagal Bayar Pinjol OJK

• DC Pinjol apa saja yang datang ke rumah?

Ini juga sudah kita bahas ya, Gaes. Hampir semua aplikasi pinjol resmi punya DC lapangan yang akan datang ke rumah kalau tidak membayar tepat waktu. Mungkin bisa kita ambil contoh seperti pinjol Akulaku, Kredivo, Julo, Kredit Pintar, dan lainnya.