6 Penyebab HP Lama di Cas

Penyebab HP Lama di Cas
Penyebab HP Lama di Cas

Keduanya haruslah selaras, antara kemampuan charger dan ponsel itu sendiri. Sehingga pengisian daya bisa berjalan secara normal.

Jika antara charger dan ponsel tidak selaras, maka kepecatan proses pengisian daya akan terpengaruh. hal ini bisa jadi penyebab HP di cas lama.

Oleh karena itu, kamu harus menggunakan perangkat charger yang sesuai dengan ponsel. Lebih disarankan menggunakan aksesoris bawaan pada paket pembelian atau yang original.

4. Ketidaksesuaian Protokol

Bukan cuma ketidaksesuaian antara ponsel dan chargernya saja yang bisa jadi penyebab HP lama. Tapi juga protokol dai keduanya.

Untuk saat ini, ada beberapa protokol charging atau pengisian daya yang bisa kita temui. Yang paling banyak adalah Power Delivery dan Quick Charge.

Beberapa brand smartphone mengembangak protokol-protokol tersebut dengan memberi namanya sendiri. Seperti:

  • FlashCharge dari Vivo
  • VOOC dari OPPO
  • Turbo Charge dari Xiaomi.

Akan lebih baik jika perangkat ponsel dan charger memiliki protokol yang sama. Sehingga pengisian daya baterai bisa sesuai dengan masing-masing teknologi yang dimiliki.

Kalau pun tidak sesuai sebenarnya tidak masalah. Misal kamu ngecas HP Xiaomi dengan Charger dari OPPO, boleh saja.

Tapi dalam beberapa kasus, hal ini bisa jadi penyebab HP lama di cas karena ketidaksesuaian antara keduanya.

5. Sambil Dipakai

Sering ngecas HP sambil dipakai? Nah, inilah salah satu penyebab HP lama di cas. Entah itu sekedar chatting, browsing, streaming, apalagi main game. Bukan cuma jadi lama ngecasnya, tapi ini bisa berdampak buruk ke perangkat HP kalian loh.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Sinyal Hilang pada HP Semua Merk