5 Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah – Mencari uang tambahan dengan cara membuka usaha kantin di sekolah, bukanlah hal yang salah.

Apalagi bagi ibu rumah tangga yang memang ingin mendapatkan uang tambahan sehari-hari. Di samping itu, juga akan menjadi kegiatan yang lebih bermakna dan menyenangkan.

Hanya dengan membuka kantin di sekolah, anda dapat memulainya dengan berjualan berbagai jajan ringan atau makanan dan minuman.

Seperti yang kita tahu bahwa kantin sekolah menjadi tempat awal untuk menjual jajanan tersebut. Tentu saja kantin sekolah akan berpeluang besar untuk mengembangkan bakat memasak dan meningkatkan keuntungan guna menambah uang belanja.

Namun langkah awal membuka usaha kantin sekolah adalah modal baik secara materiil maupun non-materiil. Nah, inilah beberapa tips membuka usaha kantin di sekolah yang telah jagoangadget.com rangkum.

Tips  Mudah Membuka Usaha Kantin Sekolah

Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah
Tips Membuka Usaha Kantin Sekolah

1. Ketahui  Tingkat Sekolah

Pada saat membuka usaha di sekolah anda harus melihat level sekolah yang akan diempati untuk usaha, kemudian tentukan produk atau makanan apa yang cocok untuk dijual.

Apabila anda membuka kantin di sekolah dasar, maka harus menjual makanan yang sesuai dengan kantong siswa SD.

Namun jika usaha di kantin sekolah untuk mendapatkan keuntunga lebih banyak, carilah  sekolah yang memiliki level menengah ke atas, seperti SMA dan SMP yang telah memiliki nama, karena memang sangat berbeda dengan anak SD.

2. Pikirkan Harga Sewa

Ketika hendak membuka usaha kantin sekolah maka tidak gratis, kaerena pasti memiliki harga sewa per satu tempat yang ingin ditempati.

BACA JUGA:  Cara Daftar Shopee Affiliate untuk Hasilkan Uang tanpa Modal

Dengan begitu anda harus menanyakan secara detail berapa harga sewa satu bulan atau satu tahunnya.

Apabila memang terlalu mahal, sebisa mungkin anda harus mampu bernegoisasai dengan cara menawar untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan pendapatan anda per bulannya.

Jangan pernah memaksakan kehendak jika memang anda tak mampu untuk membayar harga sewa kantin sekolah.

3. Pastikan Keamanan

Keamanan adalah hal yang paling penting dalam menjalankan usaha. Jadi, anda harus menanyakan tentang keamanan di sekolah yang ingin menjadi tempat usaha tersebtut.

Pastikan apakah kantin yang disediakan termasuk kantin yang terbuka atau kantin yang memiliki dinding seperti warung-warung kecil pada umumnya.

Biasanya sekolah juga menetapkan syarat untuk masyarakat yang ingin membuka usaha di tempat tersebut, misalnya iuran keamanan atau kebersihan.

Selain keamanan tempat usaha, anda juga harus memberi kenyamanan dan kesehatan masakan atau jajanan yang dijual.

4. Menjual produk makanan yang bergizi dan menarik

Nah, ini juga salah satu hal yang tentunya harus anda perhatikan secara khusus. Karena pangsa pasar anda nantinya sebagian besar adalah anak-anak, Anda perlu memperdagangkan makanan atau jajanan yang bergizi.

Selain itu, untuk menarik perhatian anak, Anda bisa menggunakan pembungkus makanan agar makanan atau jajanan yang anda jajakan terlihat menarik.

5. Kreatif dalam Mengembangkan Usaha

Apabila anda memiliki modal yang terbatas maka tidak perlu bingung mengawali usaha di kantin sekolah.

Sebagai permulaan usaha anda bisa menjual makanan-makanan ringan, sesuai dengan modal yang dimiliki.

Meskipun makanan ringan dengan jumlah sedikit, namun anda bisa mengkreasikan menjadi usaha yang unik sehingga akan menuai keuntungan yang menjanjikan.

Pastikan usaha kantin bisa berkembang dan menjadi target anak-anak sekolah untuk jajan.

BACA JUGA:  5 Keuntungan Iklan Online, Cara Jitu Tingkatkan Bisnis

Bagaimana, anda tertarik membuka kantin sekolah? Jika memungkinkan, usaha kantin sekolah memang cocok diterapkan bagi anda yang bermukim di daerah sekolah atau lokasinya tak jauh dari sekolah.