iPhone Hanya Bisa Smartfren
iPhone Hanya Bisa Smartfren

4 Solusi iPhone cuma bisa Smartfren

Banyak yang mengalami kendala iPhone cuma bisa Smartfren. Penyebabnya sudah kita bahas di artikel sebelumnya, hal ini dikarenakan pemblokiran IMEI untuk HP ilegal oleh Kemenperin. Lebih detailnya kamu bisa cek di Kenapa iPhone Hanya Bisa Smartfreen.

Kendala ini tentu jadi hal yang mengganggu untuk pengguna yang memakai provider lain. Kalau masih tetap mau pakai iPhone nya, tentu mereka harus beralih provider.

iPhone cuma bisa Smartfren

Pemerintah melalui Kemenperin memblokir IMEI setiap perangkat smartphone yang masuk tidak melalui prosedur yang benar. Bisa dikatakan HP ilegal yang masuk Indonesia tanpa izin.

Maksud dari kebijakan ini adalah untuk menertibkan peredaran HP di Indonesia. Karena belakangan ini banyak HP BM yang masuk Indonesia dengan istilah iPhone Garansi Internesional, Garansi Distributor, dan sebagainya. Sebenarnya banyak juga HP Android yang juga ilegal, akan tetapi jumlah iPhone ilegal yang masuk ke Indonesia memang lebih banyak.

Sebenarnya peraturan ini akan menyebabkan HP ilegal yang diblokir tidak keluar sinyal. Akan tetapi, memang perangkat masih bisa menerima sinyal dari beberapa provider. Salah satunya kasus iPhone cuma bisa Smartfren ini.

Perangkat iPhone tidak ada layanan jika menggunakan kartu SIM lain. Hanya bisa dengan kartu provider tertentu, perangkat bisa menerima sinyal. Seperti Smartfren, dan beberapa ada juga yang bisa pakai Indosat.

Akibatnya, tentu iPhone tidak bisa dipakai seperti telepon seluler pada umumnya. Karena tidak mendapatkan sinyal akibat pemblokiran IMEI, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan.

  • Telepon
  • SMS
  • Browsing
  • Chatting
  • Streaming
  • dan hal lainnya yang menggunakan jaringan internet

Bukan cuma tidak mendapatkan sinyal alias jaringan, selain tidak bisa untuk telepon dan SMS tentu perangkat tidak bisa menggunakan mobile data untuk jaringan internetnya. Yang mana, namanya perangkat mobile harusnya bisa dibawa kemana-mana dan mendapatkan jaringan dimanapun termasuk internet.

Akan tetapi, akibat tidak ada sinyal ini juga menyebabkan perangkat iPhone yang terblokir IMEI nya tidak bisa mengakses internet. Jadi tidak bisa chat, download, browsing, streaming, dan melakukan hal lainnya.

Solusi iPhone cuma bisa Smartfren

Kalau mengalami kendala iPhone cuma bisa pakai Smartfren atau kartu Indosat saja, ada solusi kok agar iPhone bisa dimanfaatkan dan tidak terbengkalai. Hanya saja memang solusinya ini sedikit ribet ya, Sob.

Yang paling penting mungkin adalah akses internet. Memang di era digital ini telepon ataupun SMS sudah sangat jarang digunakan lagi. Untuk komunikasi, pengguna lebih sering pakai Chat dan telepon secara online melalui aplikasi seperti WhatsApp dan lainnya.

Oleh karena itu, solusi yang Jagoan Gadget tawarkan untuk cara mengatasi iPhone cuma bisa Smartfren ini adalah bagaimana agar perangkat bisa mendapat akses jaringan internet.

1. Pakai Wifi

Kalau cuma untuk bisa internetan, iPhone cuma bisa Smartfren pakai Wifi aja. Tentunya dengan terhubung jaringan Wifi, perangkat bisa digunakan untuk mengakses internet.

Pakai Wifi juga punya kelebihan loh, yakni kamu bisa pakai internet sepuasnya tanpa batas. Berbeda dengan paket data seluler yang terbatas dengan kuota. Apalagi kalau sudah habis, biaya penggunaan internet akan pakai pulsa reguler yang relatif sangat mahal.

Tapi kekurangannya 1, kamu tidak bisa bebas membawa perangkat iPhone. Karena jangkauan Wifi tentunya terbatas. Kamu hanya bisa pakai internet di iPhone cuma bisa Smartfren dalam jangkauan Wifi saja.

2. HP Kedua

HP Kedua untuk iPhone hanya bisa Smartfren
HP Kedua untuk iPhone hanya bisa Smartfren

Solusi untuk iPhone cuma bisa pakai Smartfren adalah HP kedua. Kamu harus punya HP kedua agar iPhone bisa digunakan untuk berinternet.

Tidak usah terlalu mahal, bisa pakai iPhone Android yang entery-level saja di harga 1 atau 2 jutaan. Kalau mau lebih enak, disarankan ambil yang sudah mendukung untuk jaringan Wifi.

Kamu bisa mengaktifkan jaringan Hotspot di HP kedua ini dan menjadikannya Wifi. Apalagi HP kedua juga bisa digunakan untuk SMS dan juga telepon. Toh sekarang kebanyakan HP Android sudah mengusung dual SIM Standbya.

Mungkin yang jadi kekurangannya adalah sebagian orang akan merasa ribet kalau harus bawa 2 HP. Zaman sekarang ukuran HP sudah besar-besar, kantong celana saja mungkin tidak cukup kalau harus bawa 2 HP kemana-mana. Tas jadi solusi untuk membawa 2 HP sekaligus saat bepergian agar masalah iPhone cuma bisa Smartfren teratasi.

Cek juga beberapa rekomendasi berikut kalau kamu sedang cari HP kedua:

3. Modem

Modem untuk iPhone hanya bisa Smartfren
Modem untuk iPhone hanya bisa Smartfren

Barang yang bisa jadi solusi untuk iPhone cuma bisa Smartfren adalah Modem. Ada banyak jenis modem, yang ada di rumah kamu sebagai pemancar sinyal Wifi juga disebut modem. Tapi yang dimaksud di sini adalah modem Wifi portable.

Jadi, dengan modem ini kamu bisa mendapatkan jaringan internet di manapun. Akses internet sendiri berasal dari data seluler, dari kartu SIM yang ada pada modem Wifi portable.

Nah, dengan barang satu ini kamu bisa pakai iPhone cuma bisa pakai Smartfren dimana pun menggunakan provider jaringan apapun. Kamu bisa pakai berbagai kartu SIM atau provider yang kamu inginkan di modem Wifi.

Kalau kamu mau pakai modem Wifi portable, Jagoan Gadget punya beberapa rekomendasi nih:

Kalau mau beli atau cek detailnya, tinggal klik saja ya. Mungkin kalian akan bertanya, apa sih beda di antara 5 modem di atas? Jawabannya tentu kualitas dan spek. Kalau untuk penggunaan lama, disarankan untuk ambil yang bagus.

Mungkin Orbit Star Lite bisa jadi pilihan yang tepat. Kalau mau yang lebih bagus, bisa ambil yang Orbit Star 3. Sebenarnya yang harga 100 ribuan masih oke sih, masih worth it untuk dipakai menemani iPhone cuma bisa smartfren.

4. Pakai Kartu Smartfren

Solusi terakhir untuk mengatasi iPhone yang cuma bisa pakai kartu Smartfren, ya pakai saja kartu itu. Memang sih, tidak banyak yang jadi pengguna provider Smartfren. Bahkan operator satu ini tidak masuk dalam 5 besar provider dengan pengguna terbanyak.

Smartfren memang dikenal hanya dengan paket internetnya yang cukup murah. Tapi untuk urusan telepon dan juga SMS tidak banyak yang memilihnya. Karena penggunanya sendiri juga sedikit, jadi repot juga kalau pakai smartfren tentu tarif akan lebih mahal untuk telepon/SMS ke operator lain.

Tapi kalau kamu tidak ada kebutuhan seluler yang penting, bisa beralih pakai kartu ini saja. Tentu ini jadi solusi terbaik untuk iPhone cuma bisa Smartfren. Kamu tidak perlu HP kedua ataupun modem. Tinggal pakai saja operator ini, iPhone pun bisa digunakan dengan lancar.