4 Rekomendasi Aplikasi WebCam Android Terbaik

Aplikasi Webcam Android Terbaik

 Aрlіkаѕі Wеbсаm Android Terbaik – Semenjak pandemi melanda, kegiatan Daring menjadi solusi untuk tetap bisa melakukan segala aktifitas tanpa harus keluar rumah.

Tentu dibutuhkan perangkat yang bisa mendukung untuk kegiatan Daring ini, yang paling penting adalah komputer atau laptop.

Kalau laptop sih mungkin fiturnya sudah lengkap ya, sudah bisa digunakan untuk Daring. Nah, kalau komputer, mungkin ada beberapa komponen yang pada umumnya tidak dimiliki oleh penggunanya. Seperti kamera alias Webcam misalnya.

Nah, buat kamu yang ingin merubah HP smartphone kamu jadi webcam sehingga bisa dipakai di PC atau Laptop, mungkin ada aplikasi yang bermanfaat. Aplikasi WebCam Android, bisa merubah kamera HP kamu jadi WebCam.

Dengan Aplikasi WebCam Android ini, kamu bisa menyambungkan HP ke PC (Komputer/Laptop). Bisa dengan bantuan sambungan Bluetooth ataupun kabel USB. Setelah tersambung, kamu bisa menjadikan kamera HP sebagai WebCam.

Aplikasi Wеbсаm Andrоіd Tеrbаіk 

Jadi, dengan Aplikasi Webcam Android kalian tidak perlu lagi membeli webcam untuk komputer. Atau kalau kamu pakai laptop, pasti kualitas gambar dari webcam kurang begitu baik kan? Dengan kamera HP gambar/video akan lebih jernih dan berkualitas.

Rekomendasi Aplikasi Webcam Android Terbaik

Ini dia beberapa rekomendasi Aplikasi Webcam Android terbaik yang sudah JagoanGadget.com rangkum: 

1. DroidCam Wireless – Aplikasi WebCam Android Terbaik

Yang pertama ada DroidCam Wireless Webcam yang bisa kamu unduh langsung di Playstore. Seperti namanya, Wireless, aplikasi ini dapat menyambungkan sekaligus menjadikan HP sebagai webcam di PC tanpa kabel.

Akan tetapi, dibutuhkan fitur dan perangkat bluetooth di PC sehingga HP bisa tersambung. Kalau di laptop sih biasanya sudah ada. Sedangkan di komputer, harus ada bluetooth eksternalnya. Tapi tenang, kalau tidak punya kamu bisa menyambungkan dengan kabel kok.

2. iVCam, Aplikasi WebCam Android

Berikutnya ada iVCam yang menjadi rekomendasi Aplikasi WebCam Android Terbaik. Aplikasi ini bisa digunakan pada semua versi Android dan pengoperasiannya pun cukup mudah loh.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai sambungan. Mulai dari Bluetooth atau Wifi yang tanpa perlu kabel, hingga dengan bantuan kabel USB.

Kemampuan lainnya adalah bisa merekam dari HP secara realtime dengan low latency dan fast speed. Untuk kualitas video yang direkam tersedia beberapa resolusi, mulai dari yang terendah di 360p untuk video yang ringan hingga kualitas terbaik dengan resolusi 4K.

Kamu juga bisa loh menjadikan HP kamu sebagai CCTV dengan Aplikasi iVCam. Tapi sayang juga sih kalau smartphone dijadikan CCTV.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah watermark yang akan ada pada setiap video. Mau menghilangkannya? Cukup berlangganan versi premiumnya.

3. IP WebCam – Aplikasi WebCam Android Terbaik

Alternatif lainnya selain 2 Aplikasi WebCam Android Terbaik di atas adalah IP WebCam. Aplikasi ini mungkin tidak memiliki keunggulan yang bisa diandalkan, tapi untuk HP dengan spesifikasi yang kurang mumpuni akan cocok pakai aplikasi ini.

Karena aplikasi IP WebCam ini memiliki size alias ukuran yang relatif lebih kecil. Sehingga lebih ringan pula untuk dioperasikan pada HP dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Tapi, karena ukurannya yang kecil tentu fiturnya pun tidak begitu lengkap seperti aplikasi lainnya dengan ukuran yang lebih besar. Tapi kalau hanya untuk keperluan webcam saja sih aplikasi ini sudah sangat cukup kok.

Tapi, dengan beberapa aplikasi lainnya dari MJPG software kamu akan mendapatkan fitur tambahan yang menarik. Mulai dari night vision, pendeteksi gerakan, hingga pendeteksi suara. Tapi kamu harus instal lagi aplikasi tambahan itu.

4. Camy – Aplikasi WebCam Android Terbaik

Yang terakhir ada Camy yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang sedang cari Aplikasi WebCam Android Terbaik. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, selain bisa untuk merubah HP jadi webcam aplikasi ini juga bisa membuat HP jadi CCTV.

Sayangnya, banyak fitur dari Camy yang hanya bisa diakses oleh pengguna premium alias berbayar. Tapi untuk versi gratisnya sudah cukup baik untuk sekedar merubah HP jadi webcam.

Cara Menggunakan Aplikasi WebCam Android

Kurang lebih cara penggunaan Aplikasi WebCam Android hampir sama semua, karena itu mimin tidak menjelaskannya satu per satu di atas. Berikut penjelasan mengenai tutorial penggunaan Aplikasi WebCam Android yang mungkin bisa membantu.

Langkah pertama tentu kamu harus menginstal salah satu aplikasi di atas. Bisa langsung unduh di Playstore secara gratis.

Setelah itu, buka aplikasi dan aktifkan. Nah, untuk penyambungan HP ke perangkat PC ada 3 metode, yakni:

• Wifi Mode: Metode ini memanfaatkan jaringan Wifi untuk menghubungkan HP dan PC sehingga kamera HP bisa jadi webcam. Syarat untuk menggunakan metode ini adalah kedua perangkat harus terhubung pada jaringan Wifi yang sama.

• Bluetooth Mode: Metode penyambungan ini menggunakan media sambungan bluetooth. Untuk bisa menyambungkan HP dan PC dengan metode ini, kamu harus mengaktifkan dan pairing bluetooth di kedua perangkat.

• USB Mode: Metode ini adalah yang paling mudah dan ringkas. Yakni menggunakan kabel USB untuk menghubungkan HP dan PC. Tentu kamu semua sudah punya kabel USB dong. Tanpa perlu melakukan pengaturan yang rumit, tinggal colokkan kabel USB di kedua perangkat.

Akhіr Kаtа

Jadi itu dia ya Sobat, beberapa rekomendasi Aplikasi WebCam Android Terbaik yang bisa kamu gunakan. Pilih salah satu untuk kebutuhan kamu merubah HP jadi kamera webcam.

Dеmіkіаnlаh реnjеlаѕаn yang telah kami sampaikan untuk kаmu, раѕtіnуа kamu bіѕа mеnggunаkаn ѕаlаh ѕаtu арlіkаѕі webcam ini dі роnѕеl Android kаmu. 

Selain bisa untuk daring atau video meeting, kamu juga bisa menggunakan webcam untuk kebutuhan lainnya loh. Bisa untuk merekam buat konten Youtube, streaming di sosial media, atau mungkin jadikan HP sebagai CCTV.