Gitaris Profesional Menggunakan Ini! 10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android

10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android
10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android

Pencarian aplikasi kunci gitar terbaik di Android semakin populer di kalangan pecinta musik. Saat ini, banyak pemain gitar yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan proses pembelajaran dan bermain gitar. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android yang dapat membantu Anda mempelajari dan menguasai seni bermain gitar. Dari pemula hingga pemain yang berpengalaman, ada sesuatu untuk semua orang di daftar ini.

10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android
10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android

 

10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android

1. Yousician: Belajar Gitar, Piano, Bass & Ukulele 

Aplikasi ini tidak hanya membantu Anda belajar gitar, tetapi juga instrumen lain seperti piano, bass, dan ukulele. Dengan fitur pendidikan yang lengkap, Yousician cocok untuk pemula maupun ahli.

 

2. Ultimate Guitar: Chords & Tabs 

Ultimate Guitar adalah salah satu sumber terkemuka untuk akor dan tabulatur gitar. Aplikasi ini menawarkan akses ke ribuan lagu dengan akor dan tabulatur yang akurat.

 

3. GuitarTuna: Tuner & Metronome

Sebelum memainkan gitar, Anda perlu memastikan bahwa gitar Anda dalam tune yang tepat. GuitarTuna adalah aplikasi tuner dan metronome yang sangat populer di kalangan musisi.

 

4. Real Guitar Free: Chords, Tabs & Simulator Games 

Aplikasi ini menyediakan pengalaman bermain gitar yang realistis dengan berbagai jenis gitar yang dapat Anda pilih. Anda dapat berlatih bermain gitar tanpa harus memiliki gitar fisik.

 

5. Chordify: Tabs for Any Song 

Chordify adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mendapatkan akor untuk hampir setiap lagu. Anda dapat mengimpor lagu dari YouTube, Spotify, atau perangkat Anda sendiri.

 

6. Fret Trainer – Learn the Fretboard 

Menguasai posisi fretboard adalah kunci untuk menjadi pemain gitar yang lebih baik. Fret Trainer membantu Anda memahami dan menghafal fretboard dengan cepat.

 

7. Songsterr Guitar Tabs & Chords 

Songsterr Guitar Tabs & Chords adalah salah satu aplikasi yang sangat berguna bagi para pemain gitar yang ingin memainkan lagu-lagu favorit mereka. Aplikasi ini memiliki koleksi besar tabulatur gitar yang akurat dan menyediakan pengalaman bermain gitar yang lebih baik.

Keunggulan Songsterr Guitar Tabs & Chords

  • Tabulatur Interaktif: Salah satu fitur terbaik dari Songsterr adalah tabulatur interaktif. Anda dapat melihat tabulatur gitar dengan visualisasi yang jelas dan mendengarkan bagaimana seharusnya lagu itu dimainkan.
  • Koleksi Lagu yang Luas: Aplikasi ini memiliki koleksi lagu yang sangat luas dari berbagai genre musik. Anda dapat dengan mudah menemukan tabulatur untuk lagu-lagu favorit Anda, baik yang klasik maupun yang sedang trend.
  • Pengaturan Tempo: Anda dapat mengatur tempo lagu sesuai kecepatan Anda. Ini memungkinkan Anda berlatih secara bertahap dan meningkatkan keterampilan bermain Anda.
  • Pengulangan Bagian-Bagian Lagu: Jika ada bagian khusus dalam lagu yang sulit untuk Anda, Anda dapat mengulanginya berulang-ulang hingga Anda menguasainya.
  • Akses Offline: Anda bahkan dapat mengunduh tabulatur untuk dimainkan secara offline. Ini sangat berguna saat Anda tidak memiliki koneksi internet.
BACA JUGA:  Aplikasi AppLinker di Android: Cara Baru Mengoptimalkan Android Anda untuk Kinerja Terbaik

 

8. Chord Bank: Guitar Chords

Chord Bank adalah aplikasi yang sangat berguna bagi para pemula yang ingin memahami dan menguasai akor-akor dasar dalam bermain gitar. Dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, aplikasi ini merupakan teman terbaik bagi mereka yang baru saja memulai perjalanan mereka dalam dunia gitar.

Mengapa Chord Bank Layak Dipertimbangkan?

  • Koleksi Akor yang Luas: Aplikasi ini menawarkan koleksi akor yang luas dan beragam. Anda dapat menemukan akor-akor dasar seperti C, G, D, E, dan banyak lagi. Ini adalah fondasi yang kuat untuk membangun pemahaman Anda tentang akor gitar.
  • Deskripsi dan Gambar Akor: Setiap akor disertai dengan deskripsi dan gambar yang jelas. Ini membantu Anda memahami cara memainkan akor tersebut dengan benar.
  • Pencarian Mudah: Anda dapat mencari akor tertentu dengan cepat. Cukup ketik nama akor atau gunakan diagram keyboard untuk menemukannya.
  • Sesuaikan Tempo: Anda dapat mengatur tempo metronome untuk berlatih akor dengan tempo yang sesuai dengan kecepatan Anda.
  • Gratis dan Tanpa Iklan: Chord Bank tersedia secara gratis dan tanpa iklan yang mengganggu. Anda dapat fokus sepenuhnya pada belajar tanpa gangguan.

Cara Menggunakan Chord Bank untuk Belajar Gitar

  1. Unduh Aplikasi: Pertama, unduh aplikasi Chord Bank dari toko aplikasi ponsel Anda. Instal dan buka aplikasi.
  2. Pilih Akor: Pilih akor yang ingin Anda pelajari. Misalnya, jika Anda ingin memulai dengan akor C, carilah C di aplikasi.
  3. Pelajari Deskripsi: Baca deskripsi yang disertakan dengan akor tersebut. Ini akan memberi tahu Anda bagaimana cara menempatkan jari Anda pada senar gitar untuk memainkan akor dengan benar.
  4. Lihat Gambar: Lihat gambar akor dengan cermat. Ini akan membantu Anda memvisualisasikan cara memainkan akor.
  5. Praktikkan dengan Metronome: Jika Anda ingin berlatih dengan tempo tertentu, gunakan metronome yang disediakan dalam aplikasi ini.

 

9. Guitar Lessons by GuitarTricks 

GuitarTricks adalah platform pembelajaran gitar yang telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu sumber terbaik untuk pemain gitar di semua tingkatan. Dengan berbagai fitur dan konten yang kaya, GuitarTricks adalah tempat yang luar biasa untuk mengasah keterampilan bermain gitar Anda.

Mengapa GuitarTricks Layak Dipertimbangkan?

  • Pelajaran dari Instruktur Profesional: GuitarTricks menawarkan pelajaran yang diajarkan oleh instruktur gitar profesional yang berpengalaman. Ini berarti Anda akan mendapatkan panduan langsung dari ahlinya dalam bermain gitar.
  • Ribuan Pelajaran yang Tersedia: Platform ini memiliki lebih dari 11.000 pelajaran yang mencakup berbagai genre musik, teknik gitar, dan tingkat keahlian. Tidak peduli apa jenis musik yang Anda minati, Anda akan menemukan pelajaran yang sesuai.
  • Pelajaran yang Terstruktur: GuitarTricks memiliki rencana pembelajaran yang terstruktur dengan baik. Anda dapat mulai dari tingkat pemula dan secara bertahap naik ke tingkat yang lebih tinggi, sehingga Anda tidak merasa kebingungan.
  • Pelatihan untuk Pemula hingga Lanjutan: Apakah Anda seorang pemula yang baru memegang gitar atau seorang gitaris berpengalaman yang ingin mengasah keterampilan Anda, GuitarTricks memiliki pelajaran yang sesuai untuk Anda.
  • Fitur Pelatihan Interaktif: GuitarTricks menawarkan berbagai alat pelatihan interaktif, termasuk metronome dan jam pratonton, yang membantu Anda mempraktikkan keterampilan bermain gitar Anda.
BACA JUGA:  Terganggu dengan Notifikasi MiChat?, Simak! Cara Menonaktifkan Notifikasi MiChat di Android!

Bagaimana Memulai Belajar dengan GuitarTricks

  1. **Langganan: **Pertama, Anda perlu mendaftar untuk langganan di GuitarTricks. Mereka biasanya menawarkan pilihan berlangganan bulanan atau tahunan. Ini memberi Anda akses penuh ke seluruh koleksi pelajaran dan fitur platform.
  2. Pilih Tingkat Keahlian Anda: Setelah Anda memiliki akses, pilih tingkat keahlian Anda, apakah itu pemula, menengah, atau lanjutan. Ini akan membantu Anda menemukan pelajaran yang sesuai dengan tingkat Anda.
  3. Ikuti Rencana Pembelajaran: GuitarTricks memiliki rencana pembelajaran yang terstruktur. Anda dapat mengikuti rencana ini atau memilih pelajaran yang ingin Anda pelajari sendiri.
  4. Praktikkan dengan Tekun: Kunci untuk menjadi pemain gitar yang baik adalah latihan yang konsisten. Sisihkan waktu setiap hari untuk berlatih dan terus memperbaiki keterampilan Anda.

 

10. JustinGuitar Beginner’s Course 

Kursus Pemula JustinGuitar adalah salah satu sumber yang sangat direkomendasikan untuk para pemula yang ingin memulai perjalanan mereka dalam bermain gitar. Ini adalah pilihan yang sempurna untuk mereka yang belum pernah memegang gitar sebelumnya atau baru saja memulai.

Apa yang Menjadikan Kursus Pemula JustinGuitar Istimewa?

  • Instruktur Berpengalaman: Justin Sandercoe, sang instruktur, adalah seorang gitaris berpengalaman yang telah mengajar ribuan orang bagaimana bermain gitar. Dengan cara pengajarannya yang ramah dan santai, Anda akan merasa seperti sedang belajar dari seorang teman.
  • Pengajaran yang Terstruktur: Kursus ini memiliki struktur yang sangat baik, dimulai dari dasar-dasar seperti cara memegang gitar dan mengatur akord hingga memainkan lagu-lagu favorit Anda. Ini adalah fondasi yang kokoh untuk membangun keterampilan bermain gitar Anda.
  • Konten Gratis yang Berkualitas: Salah satu keunggulan utama Kursus Pemula JustinGuitar adalah sebagian besar kontennya gratis. Ini termasuk video pelajaran, tabulatur, dan sumber daya lainnya yang sangat membantu.
  • Dukungan Komunitas: Selain video pelajaran, Anda akan menjadi bagian dari komunitas belajar yang besar di sekitar JustinGuitar. Ini adalah tempat yang bagus untuk bertukar pengalaman, meminta saran, dan mendapatkan inspirasi.
  • Pilihan Belajar yang Fleksibel: Anda dapat mengakses kursus ini kapan saja dan di mana saja. Anda tidak perlu mengikuti jadwal tertentu. Ini sangat cocok untuk orang yang memiliki jadwal yang sibuk.
BACA JUGA:  Buat Smartphone Anda Menjadi Scanner Foto Dengan Google Photoscan!

Memulai Perjalanan Anda dengan JustinGuitar

Pertama-tama, unduh aplikasi atau kunjungi situs web JustinGuitar. Setelah itu, Anda dapat mulai dengan pelajaran-pelajaran dasar yang akan membantu Anda memahami gitar dan akord-akord dasar. Jangan terburu-buru; penting untuk memahami dasar-dasarnya sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

Setelah Anda merasa nyaman dengan dasar-dasarnya, Anda dapat melanjutkan ke pelajaran yang lebih lanjut seperti teknik bermain gitar, bermain lagu-lagu populer, atau bahkan belajar tentang teori musik. Semua materi ini diajarkan dengan cara yang mudah dipahami, sehingga Anda tidak akan merasa kewalahan.

10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android
10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android

 

FAQ – 10 Aplikasi Kunci Gitar Terbaik di Android

1. Apakah semua aplikasi ini gratis?

Tidak semua aplikasi gratis, tetapi banyak dari mereka menawarkan versi gratis dengan fitur dasar. Anda dapat meng-upgrade ke versi berbayar untuk fitur tambahan.

2. Apakah ada aplikasi yang cocok untuk pemain gitar pemula?

Ya, beberapa aplikasi seperti GuitarTuna, Chord Bank, dan JustinGuitar Beginner’s Course sangat cocok untuk pemula.

3. Bagaimana cara memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saya?

Pertimbangkan tingkat keahlian Anda, jenis pembelajaran yang Anda inginkan, dan anggaran Anda saat memilih aplikasi.

4. Apakah aplikasi ini cocok untuk gitaris berpengalaman?

Ya, beberapa aplikasi seperti Songsterr dan Ultimate Guitar menyediakan tabulatur yang cocok untuk pemain yang lebih berpengalaman.

5. Bagaimana cara menggunakan Chordify untuk mendapatkan akor lagu?

Anda cukup mengimpor lagu dari sumber seperti YouTube atau Spotify ke dalam aplikasi Chordify, dan itu akan menghasilkan akor untuk lagu tersebut.

6. Dapatkah saya menggunakan aplikasi ini tanpa koneksi internet?

Beberapa aplikasi memungkinkan penggunaan offline untuk konten yang telah diunduh sebelumnya.

7. Bagaimana cara menggunakan GuitarTuna sebagai tuner gitar?

Buka aplikasi, letakkan ponsel Anda di dekat gitar Anda, dan ikuti petunjuk untuk menyetem gitar Anda.

8. Apakah ada aplikasi yang membantu dalam memahami fretboard?

Ya, Fret Trainer adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu Anda memahami dan menghafal posisi fretboard.

9. Bagaimana cara menggunakan aplikasi Yousician untuk belajar gitar?

Unduh aplikasi, daftar, dan ikuti pelajaran yang disediakan sesuai tingkat keahlian Anda.

10. Apakah ada aplikasi yang menawarkan pelajaran gitar dengan instruktur profesional? – Ya, Guitar Lessons by GuitarTricks menyediakan pelajaran dengan instruktur profesional yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan bermain gitar Anda.

 

Kesimpulan 

Demikianlah, sepuluh aplikasi kunci gitar terbaik di Android yang dapat membantu Anda dalam perjalanan musikal Anda. Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda dapat belajar, berlatih, dan memainkan gitar dengan lebih baik. Cobalah beberapa aplikasi ini dan temukan yang paling cocok dengan gaya belajar Anda. Jangan lupa untuk terus berlatih, karena latihan adalah kunci untuk menjadi pemain gitar yang lebih baik.